Presiden Jokowi Minta Generasi Muda Manfaatkan Platform Digital

Presiden Jokowi Minta Generasi Muda Manfaatkan Platform Digital
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 28 September 2017  |  15:44 WIB
Presiden Jokowi Minta Generasi Muda Manfaatkan Platform Digital
Presiden Jokowi - Setkab

Kabar24.com, JAKARTA--Presiden Joko Widodo meminta generasi muda memanfaatkan platform global dalam menjalankan bisnis digital.

Kepala Negara meminta para praktisi digital di Tanah Air tidak perlu membuat platform baru untuk menandingi Alibaba atau Google, karena hanya akan buang waktu dan tenaga. Lebih baik memanfaatkan yang ada dengan menggunakan tenaga lokal.

“Manfaatkan saja, pakai saja yang sudah ada, platform global seperti Alibaba, termasuk Google, Facebook, Microsoft,” kata Presiden Jokowi saat membuka acara Indonesia Digital Byte (IDByte) 2017, Kamis (28/9/2017).

Dia menambahkan praktisi digital harus memanfaatkan inovasi-inovasi seperti Alibaba, Amazon, Google, Facebook, Twitter dan lain-lainnya. Negara-negara yang berhasil memanfaatkan dan memperalat inovasi-inovasi seperti ini, bisa meningkatkan daya saingnya dan pertumbuhan ekonomi.

Akan tetapi, lanjutnya, bukan berarti bangsa ini harus menyerah dan pasrah kepada raksasa-raksasa global di internet. Menurutnya, di ekonomi digital masih ada peluang-peluang yang sangat besar bagi pemain-pemain lokal.

Diakui Presiden Jokowi, ada pepatah bahwa internet memang membuat jarak menjadi tidak berarti, tetapi itu bukan berarti lokasi menjadi tidak penting. Lokasi atau ciri khas lokal itu masih sangat penting dan berperan.

"Orang Amerika tidak akan pernah mengerti artinya ndeso seperti kita mengerti ndeso. Orang Tiongkok juga tidak pernah akan mengerti baper, seperti kita mengerti baper," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top