CPNS KEMENDIKBUD 2017: Kiat Terbaik Lulus CPNS? Silakan, Download Di Sini

Peminat CPNS 2017 di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan luar biasa. Jumlahnya diprediksi 100.000-an untuk memperebutkan 300 formasi, baik untuk kualifikasi S1 maupun S2.
Martin Sihombing | 25 September 2017 14:03 WIB
Peserta seleksi CPNS, mengikuti computer assisted test (CAT). - depok.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Peminta CPNS 2017 di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan luar biasa. Jumlahnya diprediksi 100.000-an untuk memperebutkan 300 formasi, baik untuk kualifikasi S1 maupun S2.

Namun, jangan takut. Memang, semakin banyaknya pelamar sudah tentu akan meningkatkan persaingan yang ada, dan secara logis saja bila peluang yang jumlahnya 300 harus diperebutkan oleh jumlah pelamar 100.000 orang maka persentasenya menjadi 3 : 1000 atau 0,3 : 100, artinya 0,3%. Bukan jumlah yang besar. Namun, untuk bisa lulus dalam seleksi CPNS Kemendikbud 2017 ada kiatnya. Kronologisnya kurang lebih sebagai berikut:

  • Ikut seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS Kemendikbud dan mencapai nilai passing grade.
  • Peserta masuk Passing Grade akan diurutkan berdasarkan jumlah nilai tertinggi.
  • Tiga kali dari jumlah formasi yang dibutuhkan akan lanjut ke seleksi kemampuan bidang (SKB) sisanya akan dinyatakan gugur.

Nah sudah cukup jelas bukan? Tidak hanya masuk passing grade kemudian langsung lulus dan lanjut ke tahap SKB melainkan hanya tiga kali jumlah formasi yang akan bersaing di seleksi lanjutan SKB CPNS Kemendikbud 2017.

Penentu Kelulusan Seleksi

Secara sederhana faktor penentu kelulusan sangat mudah yakni jumlah nilai tinggi dan mencapai passing grade, sudah itu saja.

Namun, untuk memperoleh nilai tinggi itu bukanlah semudah membalikkan telapak tangan. Sebab bila bobot soal yang diujikan adalah soal yang mudah, maka juga akan dipilih nilai yang paling tinggi di antara semua jumlah peserta, perhitungannya seperti yang telah dijelaskan di atas.

Artinya banyak pelamar tidak bisa hanya mengandalkan peruntungan tebak-tebak berhadiah jawaban soal ujian CPNS, melainkan yang lulus adalah mereka yang memang kompetensi di 3 bidang yang diujikan memang layak menjadi abdi negara.

Adapun bidang yang dimaksud yaitu wawasan kebangsaan, pengetahuan umum dan karakteristik pribadi yang baik.

Ingin curang dalam ujian? Hati-hati karena sanksi tegas berupa masuk blacklist penerimaan CPNS oleh BKN siap menanti, tidak ada kesempatan lagi ikut seleksi CPNS bagi yang tertangkap curang dalam ujian, info cek di Info lengkap Pendaftaran CPNS 2017.

Jalan Terbaik Lulus CPNS

Sebenarnya ada jalan terbaik bagi peserta seleksi CPNS Kemendikbud dalam meraih mimpi lulus tes CPNS Kemendikbud tahun ini, yakni dengan belajar materi ujian secara baik dan praktis mengingat waktu ujian sudah sangat dekat.

Bila harus mempelajari semua materi soal ujian rasanya waktunya takkan cukup. Sebab selain tingkat mengingat manusia yang terbatas, sang jenius sekalipun tak mungkin bisa menguasai semua pengetahuan dalam sekejap.

Kemudian bila ada yang menganggap jalan terbaik lulus seleksi adalah mencari "orang dalam" agar bisa diluluskan pada 2017 ini, salah besar karena itu tidak akan berfungsi sama sekali.

Sistem CAT CPNS di desain untuk menghidari kecurangan yang seperti itu. Sebab dari sistem yang curang tidak akan diperoleh kualitas hasil seleksi, akibatnya kemajuan bangsa yang diimpikan sejak awal kemerdekaan hanya sekedar mimpi belaka.

Jalan terbaik lulus CPNS secara murni dan bersih adalah dengan banyak berlatih mengerjakan soal CPNS baik itu soal wawasan kebangsaan, soal pengetahuan umum dan juga soal karakteristik pribadi karena memang 3 hal ini yang dinilai dalam seleksi CPNS Kemendikbud 2017.

Seorang calon PNS harus mengenali bangsanya sendiri, kemudian memiliki pengetahuan yang luas serta berkarakter yang baik. Ada baiknya pelajari soal-soal CPNS yang ada, silahkan Download Soal-soal CPNS Kemendikbud.

Tag : penerimaan cpns
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top