Kemenkop UKM Klaim Selain Pembinaan juga Awasi Perkembangan Koperasi

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah mengklaim selain melakukan pembinaan juga telah melakukan pengawasan terhadap koperasi yang ada.
Eka Chandra Septarini
Eka Chandra Septarini - Bisnis.com 19 September 2017  |  16:41 WIB
Kemenkop UKM Klaim Selain Pembinaan juga Awasi Perkembangan Koperasi
Ilustrasi - Bisnis.com

Kabar24.com, MATARAM -- Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah mengklaim selain melakukan pembinaan juga telah melakukan pengawasan terhadap koperasi yang ada.

Pasalnya, saat ini cukup banyak koperasi bermasalah yang menawarkan investasi pada masyarakat.

Asisten Deputi Penerapan Sanksi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM Budi Suharto mengatakan proses pembinaan yang diikuti dengan pengawasan ini penting mengingat  jumlah koperasi yang ada tumbuh pesat dan tidak sedikit praktik usaha koperasi menyimpang dari peraturan perundang-undangan.

"Sekarang ini lagi ngetren koperasi bikin ulah, banyak koperasi yang kena kasus," ujar Budi di Mataram dalam Sosialisasi Satgas Investasi di Mataram, Senin (19/9/2017).

Untuk itu, Budi menekankan pihaknya tidak bisa bekerja sendiri. Harus ada dorongan dan juga dukungan dari pemerintah daerah dalam rangka efektivitas pengawasan.

Sejauh ini, koordinasi antar lembaga telah dilakukan kementerian antara lain dengan kepolisian, kejaksaan, Otoritas Jasa Keuangan, Pusat Pengendalian Analisis Transaksi Keuangan, dan juga Komis Pengawas Persaingan Usaha.

"Dengan adanya koordinasi pengawasan tersebut diharapkan akan dapat mengurangi dampak negatif terhadap koperasi," ujar Budi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kemenkop, koperasi

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top