Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gagal Ledakkan Pesawat Etihad Airways, 4 Bersaudara Ini Susun Rencana Setahun Lebih

Selama lebih dari setahun empat bersaudara ini merencanakan untuk meledakkan sebuah pesawat. Mereka berencana untuk meledakkan pesawat yang terbang dari Sydney ke Abu Dhabi.
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA -Selama lebih dari setahun empat bersaudara ini merencanakan untuk meledakkan sebuah pesawat. Mereka berencana untuk meledakkan pesawat yang terbang dari Sydney ke Abu Dhabi.

Pihak keamanan Libanon menyatakan telah mengawasi keempat bersaudara ini dengan samsama.

Menteri Dalam Negeri Libanon Nohad Machnouk mengatakan pihaknya juga mengaku telah berkoordinasi dengan pemerintah Australia mengenai hal ini untuk waktu yang cukp lama.

Bulan ini, Kepolisian Australia menjatuhkan dua tuduhan atas Khaled Khayat dan Mahmoud Khayat terkait perencanaan serangan teror setelah pihaknya melakukan penggeledahan guna membatalkan kegiatan yang menurut otoritas setempat diinspirasi oleh IS untuk meledakkan sebuah penerbangan Etihad Airways.

Dalam sebuah konferensi pers, Nohad mengatakan bahwa satu dari empat bersaudara yakni Tareq Khayat diketahui pindah ke markas besar IS di Suriah dan menjadi komandan kelompok jihadis tersebut sejak lebih dari setahun lalu.

Pihak Keamanan Internal Libanon pun lantas mengawasi setiap gerak gerik Tareq, Khaled, dan Mahmoud Khayat serta satu orang lainnya yakni Amer Khayat.

Khaled, Mahmoud, dan Amer tinggal di Australia tetapi beberapa kali diketahui mengunjungi Libanon. Nohad mengatakan keempat bersaudara ini berkewargaan Libanon.

Menurutnya, Amer Khayat tiba di London pada 15 Juli, hari di mana kepolisian Australia menginfokan bahwa para pelaku perencana serangan teror mencoba memasukkan bom ke sebuah pesawat milik Etihad yang akan bertolak dari Sydney.

Kepolisian Australia juga melaporkan adanya pria yang mencoba melakukan check in sebuah koper berisi bom. Pemilik koper mengaku tidak tahu menahu soal bom yang disembunyikan dalam mesin penggiling daging. Menurutnya, mesin tersebut dimasukkan oleh saudaranya.

Nohad menambahkan Amer Khayat merupakan orang yang ditunjuk melakukan serangan di pesawat tersebut. Divisi internal intelijen Libanon mengungkap bahwa pria tersebut ada hubungannya dengan operasi ini. Dia menambahkan, ada juga penemuan bom lain yang disembunyikan di boneka besar dalam tas.

Namun demikian, dia tidak menjelaskan apa yang terjadi pada Amer setelah tiba di London.

Rencana peledakan pesawat itu akhirnya berhasil digagalkan karena terjadi kelebihan angkutan bagasi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Reuters, dalam penerbangan tersebut terdapat sekitar 120 warga Libanon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper