Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INFO MUDIK: Penumpang di Bandara Minangkabau Disambut Musik Talempong

Manajemen PT Angkasa Pura II cabang Bandara Internasional Minangkabau (BIM) menyiapkan hiburan musik talempong untuk menyambut pemudik melalui bandara tersebut.
Bandara Internasional Minangkabau (BIM)./Ilustrasi-id.wikipedia.org
Bandara Internasional Minangkabau (BIM)./Ilustrasi-id.wikipedia.org

Bisnis.com, PADANG—Manajemen PT Angkasa Pura II cabang Bandara Internasional Minangkabau (BIM) menyiapkan hiburan musik talempong untuk menyambut pemudik melalui bandara tersebut.

Fendrick, Human Capital and General Affairs Angkasa Pura II BIM mengatakan salah satu layanan yang diberikan kepada penumpang arus mudik, adalah berupa pagelaran kebudayaan daerah.

“Nanti pemudik akan disuguhi hiburan musik talempong di area kedatangan dan selasar bandara,” katanya, Rabu (21/6/2017).

Menurutnya, penyambutan dengan hiburan itu untuk membuat pemudik menjadi lebih rilek dan menikmati perjalanan pulang kampung yang diprediksi akan penuh sesak.

Adapun, sampai H-5 Lebaran, Fendrick mengatakan total pengguna jasa BIM yang mudik sudah mencapai 40.000 orang, atau dengan rata-rata penumpang per hari berkisar 19.000 hingga 21.000 orang.

Dia mengatakan untuk puncak arus mudik pada H-3 dan H+3, manajemen meningkatkan pengamanan dan pelayanan.

“Fokusnya kami di pengamanan dan pelayanan. BIM menyiapkan personil ekstra dari internal untuk pelayanan, ditambah dari TNI dan Polri,” katanya.

Selain itu, untuk mengantisipasi puncak arus mudik, BIM mengoperasikan gate yang ditelah diselesaikan pengerjaannya untuk memudahkan pengaturan kendaraan parkir dan arus keluar masuk kawasan bandara.

Adapun, sampai H-5 Lebaran tahun ini, jumlah kedatangan penumpang ke BIM justru turun 7% atau hanya 6.784 orang dari 40 penerbangan. Padahal pada periode yang sama tahun lalu masih mencapai 7.317 penumpang dari 43 penerbangan.

Sedangkan keberangkatan dari BIM ke sejumlah daerah seperti Jakarta, Medan, dan Batam sebanyak 4.421 orang dari 38 penerbangan atau turun 3% dari periode yang sama tahun lalu sebanyak 4.554 orang dari 42 penerbangan.

“Puncaknya nanti baru diperkirakan pada H-3 Lebaran, karena sudah momen libur,” ujar Fendrick.

Sementara itu, pada H-3 Lebaran ini, jumlah penerbangan di BIM meningkat menjadi 52 penerbangan dari sebelumnya 46 penerbangan. Lalu pada H-2 disediakan lagi sebanyak 54 penerbangan termasuk extra flight.

Hampir semua maskapai yang melayani rute itu menambah extra flight untuk melayani peningkatan jumlah penumpang yang mudik Lebaran, seperti Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, dan Sriwijaya Air.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper