Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mahasiswa Unair Ciptakan Sarana Edukasi Kemaritiman Berbasis Android

Mahasisswa Universitas Airlangga menciptakan sarana edukasi kamaritiman berupa game berbasis android.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 11 Juni 2017  |  10:09 WIB
Game ular tangga tentang edukasi kemaritiman di HP android. - Bisnis/Istimewa
Game ular tangga tentang edukasi kemaritiman di HP android. - Bisnis/Istimewa

Kabar24.com, MALANG—Mahasisswa Universitas Airlangga menciptakan sarana edukasi kamaritiman berupa game berbasis android.

Rusdiatin, Ketua Kelompok Program Kreativitas Mahasiswa bidang Karsa Cipta (PKM-KC) Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Unair, mengatakan sebagai negara maritim terbesar di dunia Indonesia memiliki kekayaan alam bawah laut yang sangat besar pula.

Berbagai biota laut hidup dan berkembang di perairan Indonesia. Namun, pengetahuan mengenai kondisi kemaritiman itu masih sangat kurang.

“Hal ini terkait dengan lemahnya pendidikan kemaritiman di Indonesia, yang hingga saat ini belum ada metode maupun media yang memfasilitasi pembelajaran dengan menerapkan sistem kemaritiman,” ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu (11/6/2017).

Padahal penerapan pembelajaran kemaritiman harusnya diawali dari usia dini agar dapat optimal, sehingga edukasi kemaritiman sejak dini sangat diperlukan demi terciptanya negara yang berbasis sumber daya alam (SDA) pada maritim.

Atas persoalan itulah dia dan tigas mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga lainnya menawarkan karya cipta sebuah sarana edukasi kemaritiman untuk usia dini menggunakan perangkat lunak permainan (software game) melalui piranti telepon genggam dengan sistem operasi android.

Di bawah bimbingan dosen mereka, Annur Ahadi Abdillah, keempat mahasiswa tersebut, yakni Rusdiatin (ketua kelompok), dengan anggota Nur Wantika, M. Athoillah Sholahudin, dan Shobrina Silmi Qori’ Tartila, membuat software game dengan judul “SNAIL (Snake and Invincible Ladder) Fishieries Education Games: Aplikasi Pengenalan Dunia Maritim pada Anak-Anak”.

Proposal software ini berhasil lolos dari penilaian Dirjen Dikti pada Kemenristekdikti, yang kemudian memberinya dana pengembangan melalui Program Kreativitas Mahasiswa bidang Karsa Cipta (PKM-KC) tahun 2016.

Software ini kami harapkan tidak hanya sekadar sebagai hiburan, tetapi juga sebagai bahan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan anak usia dini terkait kemaritiman, khusunya tentang biota laut,” katanya.

SNAIL, kata Rusdiatin, merupakan sebuah game berbasis android yang dapat dimainkan oleh dua orang atau lebih. Ketika ingin bermain, pemain disuguhi dua tema background berbeda yang dapat dipilih. Tema tersebut terdiri dari laut dan terumbu karang.

Di samping memilih tema, pemain juga diharuskan memilih karakter dan jumlah karakter yang ingin dimainkan. Karakter tersebut antara lain: clawn fish, starfish, jellyfish dan crab.

Begitu pemain memilih tema dan karakter sesuai dengan yang diinginkan, maka akan muncul sebuah informasi mengenai tema maupun karakter yang dipilih.

Game ini terdiri dari 100 bidak dengan jumlah ular 5 dan tangga 5. Cara menjalankan karakter dari game ini dengan kocok dadu. Ketika pemain sampai pada bagaian ular maupun tangga, pemain akan dihadapkan pada sebuah pertanyaan seputar maritim.

Jika pemain berhasil menjawab pertanyaan dengan benar, maka saat berada di tangga itu, pemain akan naik mengikuti tangga, sehingga perjalanan akan cepat selesai, dan jika pemain berada di bagian ular maka pemain tidak akan turun.

Namun, jika sebaliknya pemain tidak dapat menjawab soal maka ia akan tetap stay di tangga dan jika berada pada bagian ular maka pemain akan turun mengikuti bentuk ular tersebut. Begitu seterusnya seperti permainan ular-tangga pada umumnya, sampai permainan selesai.

Menurut Rusdiatin, SNAIL buatannya memiliki keuanggulan di bidang pendidikan maritim, yaitu memberikan sebuah pembelajaran mengenai kemaritiman pada anak.

Tidak hanya pertanyaan seputar kemaritiman, yang ditonjolkan juga dari segi tampilan, background, dan karakter yang dapat menambah pengetahuan anak mengenai maritim.

”Dengan anak bermain game ini diharapkan para orang tua tidak perlu khawatir dan takut anaknya akan lalai atau lengah dengan tugas sekolahnya seperti pada game-game lain yang tidak memberikan manfaat pada anak. SNAIL dapat dijadikan media pembelajaran yang edukatif dan kreatif pada anak,” kata Rusdiatin.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

game unair
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top