Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Punya Potensi, Wagub NTB Ingin Sumbawa Lebih Berkembang

Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, memiliki peluang pengembangan dan pertumbuhan ekonomi wilayah yang sangat besar.
Eka Chandra Septarini
Eka Chandra Septarini - Bisnis.com 09 Juni 2017  |  00:14 WIB
Punya Potensi, Wagub NTB Ingin Sumbawa Lebih Berkembang
Air terjun Agal, Desa Marente, Alas, Sumbawa Besar, Sumbawa, NTB, salah satu potensi bagi bergeraknya perekonomian daerah itu di bidang pariwisata - Antara/Eka Fitriani
Bagikan

Kabar24.com, MATARAM - Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, memiliki peluang pengembangan dan pertumbuhan ekonomi wilayah yang sangat besar. Potensi lahan pertanian yang luas, ditambah sektor pertambangan, peternakan dan pariwisata yang cukup menjanjikan.

Wakil Gubernur NTB Muhammad Amin mengatakan jika potensi tersebut dimanfaatkan secara optimal, akan membawa kemajuan luar biasa bagi masyarakat Sumbawa.

“Daerah ini akan semakin maju jika pemerintah dan masyarakatnya mau bekerja keras. Semua tergantung dari kemauan seluruh masyarakatnya," ujar Amin seperti dikutip Bisnis.com dalam keterangan resmi yang diterima di Mataram pada Kamis (8/6/2017).

Dalam rangkaian Safari Ramadhan di Pulau Sumbawa, diawali dari Kota dan Kabupaten Bima, hingga Dompu dan Sumbawa, orang nomor dua di NTB tersebut terus memberikan motivasi kepada masyarakat sekaligus menyerahkan sejumlah bantuan kepada pemerintah daerah dan masyarakat kabupaten/kota.

Dia menegaskan salah satu kunci tergarapnya potensi Sumbawa secara lebih optimal ialah terbukanya peluang berinvestasi bagi para pengusaha dan masyarakat.

Peluang dan kenyamanan berinvestasi itu, menurut Amin, harus diciptakan, salah satunya dengan menjaga daerah tetap kondusif agar investor merasa nyaman menanamkan modal di NTB. “Investasi akan masuk jika ada kepastian hukum serta rasa aman dan nyaman."

Pada saat yang sama, Amin juga menyerahkan sejumlah bantuan Pemprov NTB untuk menstimulasi usaha masyarakat di antaranya bantuan kepada Pemkab Sumbawa untuk mendukung program Bumi Sejuta Sapi sebesar Rp2,121 miliar. 

Untuk mendukung pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan, Pemprov NTB juga menyalurkan bantuan berupa 400.000 batang bibit tanaman hutan senilai Rp60 juta kepada empat kelompok tani di Sumbawa.

Selain itu, pengusaha budi daya madu diberikan bantuan 50 stup madu trigonal untuk meningkatkan kapaistas produksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumbawa
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top