SEIMBANGKAN ANGGARAN: Trump Akan Pangkas US$3,6 Triliun

Presiden Amerika Serikat akan memangkas belanja pemerintah di bidang sosial hingga US$3,6 triliun dalam 10 tahun ke depan.
SEIMBANGKAN ANGGARAN: Trump Akan Pangkas US$3,6 Triliun Aprianto Cahyo N & Renat Sofie A | 23 Mei 2017 18:56 WIB
SEIMBANGKAN ANGGARAN: Trump Akan Pangkas US$3,6 Triliun
Presiden AS Donald Trump - Reuters

JAKARTA - Presiden Amerika Serikat Donald Trump akan memangkas belanja pemerintah di bidang sosial hingga US$3,6 triliun dalam 10 tahun ke depan.

Rencana yang diungkapkan dalam proposal anggaran ini akan mengurangi dana jaring pengaman sosial untuk warga miskin, lulusan perguruan tinggi, serta petani.

Adapun proposal pemangkasan ini bertujuan untuk menyeimbangkan anggaran pemerintah dalam 10 tahun mendatang.

Akan tetapi, usulan tersebut masih bergantung beberapa hal, di antaranya rencana pemangkasan pajak serta penghapusan program-program yang didukung oleh banyak anggota parlemen dari Partai Republik.

Sebelumnya, proposal anggaran fiskal 2018 Trump sempat ditolak oleh anggota Kongres dari partai Republik. Proposal tersebut mencakup pengurangan pembayaran Medicaid, peningkatan pembayaran pinjaman siswa, serta pemangkasan kupon makanan serta subsidi pertanian

"Kami tidak lagi mengukur kemurahan hati dengan jumlah program atau jumlah orang pada program tersebut," kata direktur anggaran Gedung Putih Mick Mulvaney, Selasa (23/5/2017).

"Kami akan mengukur rasa kemurahan hati dan kesuksesan dengan jumlah orang yang kami bantu agar tidak tergantung program tersebut dan kembali bertanggung jawab atas kehidupan mereka sendiri," lanjutnya.

Sementara itu, pemimpin Senat dari Partai Republik Mitch McConnell mengatakan bahwa dia mengharapkan Kongres yang dipimpin oleh Partai Republik untuk mengabaikan sebagian besar usulan tersebut.

JANJI KAMPANYE

Proposal Trump tersebut akan memenuhi janji kampanyenya untuk tidak mengubah tunjangan jaminan sosial pensiun dan Medicare sementara juga meningkatkan belanja keamanan nasional.

Dia juga mengusulkan pemangkasan yang besar untuk bantuan luar negeri serta standar kelayakan lebih ketat untuk pemotongan pajak yang menguntungkan pekerja miskin. Dia pun mengupayakan pemangkasan pada kupon makanan dan asuransi disabilitas.

Rencana tersebut akan menambah sejumlah pengeluaran domestik baru, termasuk biaya untuk cuti orang tua selama 10 tahun kedepan sebesar US$25 miliar dan perluasan program Pell Grant untuk siswa berpenghasilan rendah.

Anggaran Departemen Keamanan Dalam Negeri AS akan meningkat US$3 miliar dibandingkan dengan masa akhir jabatan Presiden Barack Obama dalam setahun. Sementara itu, anggaran Pentagon akan meningkat US$6 miliar pada waktu yang sama.

Ambisi rencana Trump, yang akan mengurangi agensi domestik sebesar 10 % pada 2018 dan 40% pada 2027, membuat anggaran tersebut cenderung tidak mendapatkan daya tarik di Capitol Hill, di mana para anggota parlemen kerap mengenyampingkan cetak biru (blue print) tahunan yang ditawarkan oleh bagian eksekutif . Namun, anggota parlemen juga cenderung akan melihat beberapa trik aktivitas keuangan pemerintahan Trump dengan skeptisisme yang ekstrim.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Donald Trump, ekonomi as

Sumber : Bloomberg

Editor : Gita Arwana Cakti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top