Bulog Gelar Operasi Pasar di Seluruh Pasar Tradisional Padang

Pemerintah Kota Padang dan Perum Bulog akan memaksimalkan operasi pasar di daerah gitu, guna menciptakan stabilitas harga komoditas pangan selama Ramadan dan Lebaran.
Bulog Gelar Operasi Pasar di Seluruh Pasar Tradisional Padang Heri Faisal | 18 Mei 2017 01:05 WIB
Bulog Gelar Operasi Pasar di Seluruh Pasar Tradisional Padang
Ilustrasi. - Bisnis

Bisnis.com, PADANG—Pemerintah Kota Padang dan Perum Bulog akan memaksimalkan operasi pasar di daerah gitu, guna menciptakan stabilitas harga komoditas pangan selama Ramadan dan Lebaran.

Kepala Dinas Pangan Kota Padang Heryanto Rustam menyebutkan sudah meminta Bulog untuk ambil bagian menggelar operasi pasar agar menciptakan stabilitas harga pangan yang sangat berfluktuasi di daerah itu.

“Kami apresiasi Bulog. Karena komoditas cabai juga disediakan selama operasi pasar, sehingga inflasi bisa ditekan,” katanya, Rabu (17/5/2017).

Menurutnya, cabai merah menjadi penyumbang inflasi terbesar di daerah itu, bersama harga tiket pesawat, bawang merah, dan beras.

Dia meyakini dengan operasi pasar yang dilakukan di seluruh pasar tradisional di daerah itu, serta di 190 titik sahabat rumah pangan, akan menekan pergerakan harga, sehingga inflasi lebih terkendali.

Kepala Perum Bulog Divre Sumatra Barat Benhur Nkaimi mengatakan perseroan akan menggelar operasi pasar selama Ramadan di seluruh pasar tradisional di Kota Padang dan di 190 titik sahabat rumah pangan.

“Kamoditas yang kami sediakan adalah beras, gula, minyak goreng, cabai merah, bawang merah. Kalau daging dan bawang putih tergantung permintaan pemda,” ujarnya.

Dia menyebutkan untuk beras, Bulog menyediakan pasokan hingga 20.000 ton, gula sebanyak 300 ton. Namun Benhur mengatakan masih mengajukan pasokan tambahan untuk komoditas gula.

Sedangkan harga jual yakni dari Rp8.500 hingga Rp12.500 per kilogram untuk beras, yang semuanya diambil dari petani lokal dengan jenis beras premium.

Untuk gula dijual Rp12.500 per kilogram, cabai merah dijual Rp26.000 per kilogram, bawang merah dijual di harga Rp15.000 per kilogram.

Bahkan, untuk cabai merah Bulog menyiapkan lemari pendingin berkapasitas 30 ton untuk memenuhi kebutuhan cabai di Sumbar.

Sedangkan komoditas daging dan bawang putih, Bulog masih akan menunggu permintaan dari pemerintah daerah untuk pengadaan.

Dia menjamin, semua harga tersebut akan dipertahankan selama Ramadan dan Lebaran. “Walaupun di pasaran harga naik, kami akan jual tetap selama bulan Ramadan dan Lebaran,” ujar Benhur.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
padang

Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top