AS Targetkan Pertumbuhan Ekonomi 3% Per Tahun

Menteri Keuangan AS Steve Mnuchin menargetkan pertumbuhan ekonomi AS dapat tumbuh 3% atau lebih per tahun apabila refromasi pajak diberlakukan.
Yustinus Andri DP | 18 Mei 2017 09:17 WIB
Bursa tenaga kerja AS. - .Reuters

Kabar24.com, JAKARTA—Menteri Keuangan AS Steve Mnuchin menargetkan pertumbuhan ekonomi AS dapat tumbuh 3% atau lebih per tahun apabila refromasi pajak diberlakukan.

Dalam salinan pidatonya dalam sesi dengar pendapat dengan Komite Perbankan, Perumahan dan Perkotaan Senat AS yang akan digelar pada Kamis (18/5/2017) waktu setempat, Mnuchin berusaha meyakinkan para pejabat untuk menyetujui rancangan reformasi perpajakannya.

Adapun, rancangan undang-undang tersebut saat ini masih dalam prose penggodokan, sebelum akhirnya diserahkan ke Kongres AS.

“Saya percaya bahwa target pertumbuhan ekonomi 3% atau lebih tinggi akan tercapai jika kita membuat reformasi bersejarah untuk sistem perpajakan kita,” kata Mnuchin, seperti dikutip dari reuters, Kamis (18/5/2017).

Pernyataan Mnuchin tersbeut terbilang sangat optimistis, lantara para ekonom global percaya AS akan kesulitan untuk tumbuh lebih dari 2% per tahun.

Pasalnya, Paman Sam memilki problematika mengenai demografi penduduknya dan pertumbuhan produktivitas jangka panjang yang cenderung terus melambat.

Selain membahas mengenai reformasi perpajakan, Mnuchin juga berencana melaporkan rencana kabinet Trump kepada Senat AS untuk menderegulasi aturan di bank.

Dia juga berniat menyampaikan rencana Trump untuk merombak aturan sekuritisasi kredit perumahan tradisional yang dikeluarkan dan dijamin oleh Fannie Mae dan Freddy Mac.

Terpisah, Gedung Putih menjanjikan akan mempublikasikan rancangan anggaran Presiden Donald Trump untuk tahun fiskal 2018 pada Selasa (23/5/2017).

Rancangan anggaran tersebut akan mencakup rincian tentang usulan pemotongannya terhadap bantuan luar negeri dan pengeluaran domestik, dan kenaikan anggaran yang diinginkannya untuk militer.

“Namun saat Gedung Putih mempublikasikan rancangan anggaran tersbeut, Trump tidak akan berada di AS untuk acara ini. Sebab dia sedang melakukan kunjungan luar negeri ke Timur Tengah dan Eropa,” kata Kepala Anggaran Gedung Putih Mick Mulvaney, Kamis (18/5/2017).

Tag : ekonomi as, Pertumbuhan Ekonomi
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top