HASIL QUICK COUNT PILKADA DKI 2017 : Soal Banjir, Ini Tantangan untuk Gubernur Terpilih

Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengingatkan Gubernur Jakarta terpilih untuk serius mengatasi masalah banjir.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 19 April 2017  |  19:42 WIB
HASIL QUICK COUNT PILKADA DKI 2017 : Soal Banjir, Ini Tantangan untuk Gubernur Terpilih
Pasangan calon Gubernur dan Wagub DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) dan Sandiaga Uno berpose, seusai memberikan keterangan pers menanggapi hasil hitung cepat Pilkada DKI Jakarta putaran kedua di Jakarta, Rabu (19/4). - Antara/Dedi Wijaya

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengingatkan Gubernur Jakarta terpilih untuk serius mengatasi masalah banjir.

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB mengatakan tidak mudah mengatasi masalah banjir Jakarta karena sangat kompleks dan tidak dapat diatasi secara instan.

"Perlu komitmen politik tinggi dan keberlanjutan terus menerus, termasuk di dalamnya upaya-upaya yang tidak populis harus dilakukan," kata Sutopo di Jakarta, Rabu (19/4/2017).

Sutopo mengatakan, masalah utama banjir Jakarta adalah berkembangnya permukiman di sekitar bantaran sungai di Jakarta seperti Ciliwung, Sunter, Cipinang, Angke, Pesanggrahan dan lainnya sehingga sangat rentan banjir.

"Sungai-sungai yang ada perlu dinormalisasi melalui pengerukan, pelebaran, pembangunan talud, dan lainnya," katanya.

Dia mengharapkan pembangunan yang mampu menghadapi dan mengatasi banjir perlu ditingkatkan. Jika tidak banjir akan menyandera masyarakat di Jakarta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Pilkada DKI 2017

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top