Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lulusan Perguruan Tinggi Jangan Bingung Cari Kerja

Masih banyak sarjanan lulusan dari berbagai perguruan tinggi yang bingung karena belum terserap oleh pasar tenaga kerja dan tidak memiliki bekal kemandirian dalam berwirausaha.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 10 April 2017  |  19:53 WIB
Mahasiswa sedang melakukan riset.  - uinjkt
Mahasiswa sedang melakukan riset. - uinjkt

Bisnis.com, TANGSEL - Masih banyak sarjanan lulusan dari berbagai perguruan tinggi yang bingung karena belum terserap oleh pasar tenaga kerja dan tidak memiliki bekal kemandirian dalam berwirausaha.

Yanti Herlianti, Ketua Jurusan Biologi Fakultas Ilmu Tarbiah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, mengatakan jiwa wirausaha perlu ditumbuhkan di kalangan mahasiswa agar memiliki kemandirian hidup.

“Merujuk pada realitas sarjana lulusan perguruan tinggi banyak mahasiswa yang kebingungan setelah lulus menjadi sarjana karena tidak diserap pasar,” katanya, Senin (10/4/2017).

Dia menyampaikan hal itu dalam workshop entrepreneurship bertajuk Open Your Mind to be a Young Entrepreneurship yang digelar Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Biologi FITK di kampusnya Jl Juanda Ciputat Tangerang Selatan.

Menurutnya, workshop bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan di kalangan mahasiswa sehingga dapat menjadi bekal bagi mereka berupa keterampilan lain selain menjadi guru di bidang Biologi

Jika jiwa wirausaha sudah dipupuk, lanjutnya, para mahasiswa akan mampu membekali diri dengan kemampuan berwirausaha sehingga setelah menjadi sarjana siap berkarya di wilayah profesional masing-masing.

Sementara itu Ketua Pelaksana Workshop, Dessy Fatmawati, dalam situs resmi UIN Jakarta, menjelaskan bahwa penyelenggaraaan workshop itu bertujuan agar para mahasiswa Pendidikan Biologi tidak takut gagal untuk memulai usaha, dan mempunyai rasa percaya diri dalam beriwarausaha.

Sedangkan Edy Fajar Prasetyo, Founder Eco Bussiness Indonesia, menegaskan para mahasiswa perlu didorong agar berani terjun dalam dunia entrepreneurship dan diingatkan bahwa kegagalan saat mencoba bukan satu hal yang harus ditakutkan.

“Justru dengan gagal, seharusnya kita bangkit kembali. Kegagalan demi kegagalan akan mematangkan mental kita sebagai seorang entreprenuer,” tegasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wirausaha perguruan tinggi pencari kerja
Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top