Pacu Swasembada Pangan, Pemkab Purworejo Bagikan Alat Pertanian

Pemerintah Kabupaten Purworejo memberikan bantuan sejumlah peralatan pertanian guna memacu swasembada pangan
Lingga Sukatma Wiangga | 30 Maret 2017 11:15 WIB
Traktor petani - Ilustrasi/JIBI Photo

Bisnis.com, SEMARANG - Pemerintah Kabupaten Purworejo memberikan bantuan sejumlah peralatan pertanian guna memacu swasembada pangan.

Bupati Purworejo Agus Bastian menyerahkan alat dan mesin pertanian (alsintan) kepada 45 kelompok tani (Poktan) dan 3 gabungan kelompok Tani (Gapoktan). Dia berharap, bantuan tersebut akan mampu menjawab kebutuhan peralatan pertanian di Kabupaten Purworejo.

“Bantuan ini sedikit banyak diharapkan mampu menjawab kebutuhan peralatan pertanian di Kabupaten Purworejo, karena dari total luas sawah 30.626,97 hektare, idealnya membutuhkan 2.041 unit traktor, dengan indeks kebutuhan 1 traktor banding 15 hektare sawah,” katanya, seperti dikutip dari laman resmi Pemprov Jateng, Kamis (30/3).

Alsintan yang diberikan berupa traktor roda 4 sebanyak 4 unit, traktor roda 2 G3000 Zeva sebanyak 20 unit, traktor roda 2 Impala sebanyak 20 unit dan alat untuk menanam padi sebanyak 4 unit beserta tray masing-masing 150 buah.

Bantuan Alsintan tersebut berasal dari anggaran belanja Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan (DINPPKP) Kabupaten Purworejo tahun anggaran 2017.

Bupati menambahkan, dalam rangka mendukung percepatan dan keberhasilan pencapaian target swasembada pangan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya antara lain dengan melakukan upaya khusus swasembada padi.

Benntuknya, erbagai bantuan telah disalurkan kepada para petani antara lain pupuk, alsintan, benih tanaman, rehabilitasi jaringan irigasi dan sarana prasarana penunjang usaha tani lainnya. Pihaknya pun akan terus berupaya mengusahakan pemberian bantuan alsintan ke depan.

Tag : regional
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top