Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Promosikan Wisata Bahari, 4 Reli Layar Disiapkan Sepanjang 2017

Guna mempromosikan dan mendukung Indonesia sebagai destinasi yacht yang tak kalah dari negara lain, Kementerian Pariwisata menggelar sejumlah program reli layar, agar dapat merealisasikan target kunjungan 1.000 yacht selama 2017.
Salah Satu Kapal Layar Tertua Norwegia Sandar di Pelabuhan Benoa/Natalia Kartikaningrum
Salah Satu Kapal Layar Tertua Norwegia Sandar di Pelabuhan Benoa/Natalia Kartikaningrum

Kabar24.com, JAKARTA - Guna mempromosikan dan mendukung Indonesia sebagai destinasi yacht yang tak kalah dari negara lain, Kementerian Pariwisata menggelar sejumlah program reli layar, agar dapat merealisasikan target kunjungan 1.000 yacht selama 2017.  

Penyelenggaraan acara tersebut diharapkan dapat memacu pengembangan infrastruktur wisata bahari di dalam negeri yang masih sangat minim serta mengangkat kota-kota terkait menjadi hub pelabuhan wisata.  

Acara lomba layar tersebut membentang mulai dari pantai-pantai di Indonesia bagian barat hingga Indonesia bagian timur. Sedikitnya ada empat acara reli layar yang bakal digelar selama 2017, seperti dilansir dari Indonesia.travel berikut:

Wonderful Sail Anambas to Natuna 2017

Belasan yacht dari berbagai negara akan singgah lagi di Kepulauan Riau pada acara Wonderful Sail Anambas to Natuna 2017 yang akan dilangsungkan pada 28 Mei-5 Juni. Acara ini juga dikolaborasikan dengan Sail Malaysia Passage to the East, yaitu reli layar mulai dari Langkawi sampai ke Sandakan di Sabah. Pascapenetapan Anambas sebagai pintu masuk, banyak kapal yang mengujungi daerah ini.

Wonderful West Kalimantan Yacht Rally 2017

Acara ini digelar mulai 1 Juli-2 Agustus 2017 dengan jadwal sebagai berikut: Sambas (1-5 Juli), Singkawang (7-10 Juli), Bengkayang (12-15 Juli), Mempawah (17-20 Juli), Kubu Raya (22-25 Juli), Sukadana (26-29 Juli) dan Ketapang (30 Juli-2 Agustus).

Latar belakang jalur ini dibuat yakni dilema para pelayar yang akan kembali ke Australia dan Selandia Baru. Jalur ini membuat jalur layar wisata baru di perairan Indonesia sebagai follow thru Sail Karimata 2016.  Jalur ini diharapkan dapat menjadikan Sambas sebagai pintu masuk berdasarkan kebutuhan pelayar dunia.

Wonderful Indonesia Yacht Rally 2017

Kegiatannya membentang luas dari Batam hingga Banda. Pihak penyelenggara memulainya pada 2003 dengan membuat acara Indonesia Marine Tournament hingga terbentuk jalur layar dari timur, ketika itu rutenya dari Saumlaki hingga ke Batam. Pada 2005, kegiatan ini kemudian berubah nama menjadi Sail Indonesia, sampai akhirnya berubah nama lagi menjadi Wonderful Sail2Indonesia terkait pergantian penyelenggara.

Dari pelaksanaan-pelaksanaan sebelumnya, telah dibuka lebih dari 30 titik singgah yang kemudian bisa menjadi motivasi pengembangan Pelabuhan Pariwisata.

Back to Downunder Rally 2016

Acara reli yang dahulu merupakan permintaan pelayar dunia ini dibuat pada 2013. Namun, jalur ini sempat tidak dinikmati karena adanya kerusuhan dan pembajakan di Filipina, padahal jalur ini sudah masuk ke dalam program BMIP EAGA Brunei, Malaysia, Indonesia, Phillipnes East Asia Growth Area.

Reli ini berlangsung pada Agustus-Oktober 2017, berlayar dari Sabah menuju Laut Sulawesi, perairan Maluku, Halmahera, kemudian ke Laut Banda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper