Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Gerai Lotte Group Ditutup di China, Efek THAAD

Lotte Group Korea Selatan, Senin (6/3/2017) mengatakan lebih dari 10 toko ritel di China telah ditutup setelah inspeksi oleh otoritas, saat perusahaan konglomerat Seoul itu diprotes China karena menyediakan lahan untuk sistem pertahanan rudal AS.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA -  Lotte Group Korea Selatan, Senin (6/3/2017) mengatakan lebih dari 10 toko ritel di China telah ditutup setelah inspeksi oleh otoritas, saat  perusahaan konglomerat Seoul itu diprotes China karena  menyediakan  lahan untuk sistem pertahanan rudal AS.

Penutupan termasuk dua toko di sekitar kota Dandong di perbatasan Korea Utara, kata seorang juru bicara Lotte Mart.  Lotte memiliki   115 toko di China pada Januari yang berkontribusi untuk penjualan kelompok  lebih dari 3 triliun won (US$2,60 miliar) pada  2015.

Juru bicara itu tidak bisa memberikan rincian lebih lanjut, tetapi karyawan di dua outlet Dandong kepada Reuters pada kondisi anonimitas mengatakan bahwa penutupan itu  terkait keselamatan. Salah satu toko diharapkan dibuka kembali dalam waktu seminggu dan yang kedua pada  1 April, kata orang-orang.

Reuters tidak bisa segera mencapai otoritas keselamatan kebakaran lokal untuk dimintai komentar.

Penutupan adalah yang terbaru dalam serangkaian insiden yang mempengaruhi perusahaan Korea Selatan di China setelah serangan cyber dan larangan penjualan tur wisata ke Korea Selatan.

Insiden itu terjadi setelah Lotte International Co Ltd menyetujui pertukaran lahan di luar Seoul pekan lalu yang akan memungkinkan Korea Selatan untuk menginstal Terminal High Altitude Area Defense (THAAD)  AS  dalam menanggapi ancaman rudal dari Korea Utara.

Militer Korea Selatan sebelumnya pada Senin mengatakan Korea Utara menembakkan "beberapa rudal balistik" ke laut mendorong Presiden Hwang Kyo-ahn menginstruksikan  untuk mempercepat instalasi  THAAD ini.

Namun, pemerintah China  keberatan dengan penyebaran THAAD, mengatakan ia memiliki radar yang mampu menembus wilayahnya, sementara media pemerintah telah menyerukan pemboikotan barang dan jasa Korea Selatan.

Protes LUAR TOKO LOTTE

Di media sosial China pada  Senin, beredar foto dan video protes di luar toko Lotte, sementara yang lain menunjukkan gerai Lotte dengan pintu baja mereka ditarik menutup.

Di luar satu toko, spanduk merah dengan karakter putih besar baca: ". Lotte Korea Selatan telah menyatakan perang terhadap China, Lotte mendukung THAAD  Keluar dari China.".

Lotte Group dalam sebuah pernyataan pada  Minggu mengatakan sedang mencari bantuan dari pemerintah Korea Selatan mengenai masalah  di China, pasar terbesar di mana mempekerjakan sekitar 20.000 orang - sepertiga dari staf di luar negeri.

Pada  Senin, saham Lotte Shopping Co Ltd, dengan divisi bisnis Lotte Mart, turun sebanyak 4%  dibandingkan dengan indeks harga saham acuan. Masalah Lotte diperluas ke Korea Selatan Kamis lalu saat kementerian pariwisata China menginstruksikan operator tur di Beijing untuk menghentikan penjualan perjalanan ke Korea Selatan dari  15 Maret.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper