Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Taksi Argo di Balikpapan Terima Bantuan Konverter Kit BBG

Tahun ini sebanyak 200 taksi argo di kota minyak akan mendapatkan bantuan konverter kit BBG yang bersifat pinjam pakai dari Kementerian ESDM

Kabar24.com, BALIKPAPAN--Tahun ini sebanyak 200 taksi argo di kota minyak akan mendapatkan bantuan konverter kit BBG yang bersifat pinjam pakai dari Kementerian ESDM.

Setahun sebelumnya, Balikpapan mendapatkan bantuan serupa untuk 150 kendaraan dinas. Pemberian konverter kit ini merupakan program pemerintah pusat untuk pemanfaatan bahan bakar yang lebih efisien dan ramah lingkungan.

"Pemberian 200 konverter kit ini sudah dipastikan jadi. Sifatnya pinjam pakai, artinya bisa digunakan selama kendaraannya untuk angkutan umum," jelas Kepala Bagian Ekonomi Setdakot Balikpapan Arzaedi Rachman, Kamis (2/3/2017).

Menurutnya, pemkot telah berkomunikasi dengan kalangan pengusaha taksi argo melalui Organda. Pengusaha diperbolehkan untuk mengusulkan bantuan lebih banyak.

Namun untuk tahun ini, jumlah bantuan hanya mencapai 200 unit. Usulan bantuan itu akan diajukan untuk direalisasikan tahun depan. Adapun jumlah angkutan taksi argo yang aktif di Balikpapan diperkirakan mencapai 900-1000 unit.

Ihwal bantuan untuk angkutan kota, menurutnya bodi angkot tidak muat untuk dipasangi konverter kit. Konverter kit juga tak bisa dipasang di bawah, sebab akan terkena air saat banjir.

Arzaedi menargetkan pemasangan konverter kit ini akan dilakukan pada semester pertama 2017, saat ini pihaknya masih melelang jasa pemasangan konverter kit.

"Fungsi SPBG sekarang makin maksimal, 1 SPBG kan bisa melayani 400-500 kendaraan. Sekarang sudah ada 150, tak lama lagi akan tambah 200 kendaraan," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper