Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

APPSI Minta Alokasi Untuk Timur Diperbesar

Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Syahrul Yasin Limpo mengharapkan besaran alokasi anggaran bagi wilayah timur untuk menekan ketimpangan pembangunan dengan wilayah barat.
Amri Nur Rahmat
Amri Nur Rahmat - Bisnis.com 01 Maret 2017  |  02:47 WIB
Ilustrasi - JIBI
Ilustrasi - JIBI
Bisnis.com, MAKASSAR - Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Syahrul Yasin Limpo mengharapkan besaran alokasi anggaran bagi wilayah timur untuk menekan ketimpangan pembangunan dengan wilayah barat.
Menurutnya, alokasi anggaran dari pusat masih terpusat di barat sehingga memicu upaya akselerasi pembangunan di timur masih relatif terbatas.
"Mesti ada koreksi anggaran secara signifikan. Padahal timur itu masa depan, spirit Indonesia," katanya, Selasa (28/2/2017).
Menurut Syahrul yang juga merupakan Gubernur Sulsel ini mengusulkan pola distribusi yang ideal sebesar yakni 40% anggaran dibagi dengan besaran yang sama rata di antara seluruh provinsi.
Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan pemerintah pusat tengah mengkaji bagaimana mengalokasikan anggaran sesuai prinsip yang berkeadilan.
"Apakah berdasarkan dari jumlah penduduk atau luas wilayah, hal ini yang akan kita bahas, dan mungkin nanti akan ada Rakor khusus antara Menkeu dengan para bupati dan wali kota," ucapnya.
Hal tersebut mengemuka saat Rakortek Kawasan Indonesia Timur di Makassar yang merupakan forum pusat dan daerah untuk melakukan pembahasan terkait prioritas nasional dalam rangka mendukung sasaran pembangunan sekaligus sebagai masukan awal dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD). 

Dalam Rakortek ini, turut dipaparkan hasil simulasi Kementerian PPN/Bappenas terkait sejumlah indikator ekonomi makro dan target pembangunan pada 2018.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makasar appsi
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top