Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PILGUB DKI 2017: Beginilah Survei Alvara Research, Ahok Ungguli Anies dan Agus

Lembaga survei dari Alvara Research Center menyebutkan elektabilitas pasangan nomor urut dua Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat masih unggul dengan 38,3% disusul Anies Baswedan-Sandiaga Uno dengan 32,6%.
Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya memaparkan hasil survei tentang peta elektoral cagub dan cawagub DKI Jakarta./Antara-Widodo S. Jusuf
Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya memaparkan hasil survei tentang peta elektoral cagub dan cawagub DKI Jakarta./Antara-Widodo S. Jusuf

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga survei dari Alvara Research Center menyebutkan elektabilitas pasangan nomor urut dua Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat masih unggul dengan 38,3%  disusul Anies Baswedan-Sandiaga Uno dengan 32,6%.

"Sementara pasangan Agus Harimurti-Sylviana Murni elektabilitasnya hanya 20,1%," kata CEO Alvara, Hasanuddin Ali saat merilis hasil survei tentang elektabilitas pasangan calon kepala daerah dalam Pilkada DKI Jakarta di Jakarta, Jumat (10/2/2017).

Survei yang dilakukan pada 6-8 Februari 2017 ini memakai metodologi multistage random sampling dengan 811 responden yang di survei di 105 kelurahan.

Sebaran sampel sendiri dibagi dalam lima wilayah, yakni Jakarta Barat sebanyak 185, Jakarta Pusat 85, Jakarta Selatan 192, Jakarta Timur 225, dan Jakarta Utara sebanyak 124. Margin of error kurang lebih 3,4%  dengan tingkat kepercayaan 95%.

Responden yang disurvei --Alvara Research Center--  mayoritas mengaku bukan anggota ormas, yakni sebanyak 60,4%. Adapun yang mengaku anggota ormas NU sebanyak 30,8%, Muhammadiyah 6,9%, dan ormas lain-lain di bawah 1%.

Hasanuddin mengatakan dalam survei ini, 100% masyarakat DKI Jakarta sudah mengenal dengan baik pasangan calon sehingga dalam hal popularitas pasangan calon sudah kuat.

"Namun dalam "top of mind" publik sangat mengingat pasangan Ahok-Djarot, yakni sebanyak 55,4%. Disusul Anies-Sandi 27,5%, dan Agus-Sylvy 17,1%," katanya.

Hasanuddin Ali menambahkan ada beberapa kejutan dari hasil survei, terutama tentang pergeseran dan penurunan suara pada pasangan nomor urut satu (Agus-Sylvy) dan diikuti oleh kenaikan yang dialami paslon nomor urut tiga (Anies-Sandiaga).

"Terlihat ada pergeseran suara dari nomor satu ke nomor tiga sedangkan nomor urut 2, yakni pasangan Ahok-Djarot konsisten di atas," jelas Hasanuddin Ali.

Hasanuddin menambahkan kendati pasangan Ahok-Djarot ada di posisi pertama, namun diakui terjadi sedikit penurunan elektabilitas yang disebabkan oleh polemik dengan Ketum MUI Ma'ruf Amin.

"Penurunan ini tidak signifikan karena justru yang terkena banyak imbas penurunan adalah pasangan nomor urut 1 (Agus-Sylvy). Ahok agak turun hanya tidak terlalu signifikan dan ternyata suara pasangan nomor urut satu di kalangan Nahdliyin juga turun. Ini menunjukkan respon yang dilakukan oleh Pak SBY di medsos ternyata berpengaruh di kalangan Nahdliyin juga," jelas Hasanuddin.

Pasangan Anies-Sandiaga, justru mendapat banyak limpahan suara, salah satunya karena tidak terlalu masuk dalam pusaran konflik Ahok-Ma'ruf, selain juga karena performance saat debat kandidat juga sangat bagus.

"Jadi dalam analisa kami, pengaruh dari performance debat dan tidak ikut dalam merespon perselisihan antara Ahok dan Ma'ruf Amin ternyata positif bagi pasangan Anies-Sandiaga," lanjut Hasanuddin.

--------------------------------------------------------------

BACA

Melihat hasil survei tersebut, ada kemungkinan bahwa Pilkada DKI Jakarta akan berlangsung 2 putaran. Hasil debat pamungkas juga akan memengaruhi hasil survei.

"Pemilih Ahok dan Anies lebih solid dibandingkan pemilih Agus. Jadi kalau dilihat kemungkinan debat terakhir hanya memantapkan di kedua kubu di paslon 2 dan 3. Suaranya agak bimbang pemilih satu akan berubah," kata Hasanuddin.

Charta Politika

Sebelumnya, Bisnis.com --http://bisnis.com-- melaporkan, Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya memaparkan hasil survei tentang peta elektoral cagub dan cawagub DKI Jakarta jelang Pilkada serentak 15 Februari di Jakarta, Rabu (1/2).

------------------------------------------------

BACA

----------------------------------------------

Elektabilitas pasangan Agus Yudhoyono-Sylviana Murni sebesar 25,9%, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat 36,8%, sementara Anies Baswedan-Sandiaga Uno sebesar 27% dari 767 responden yang disurvei pada tanggal 17-24 Januari 2017./Antara-Widodo S. Jusuf

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper