Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KUR di Bali Terbanyak Disalurkan di Denpasar

Kota Denpasar tercatat menjadi lokasi penyerap dana kredit usaha rakyat atau KUR terbesar di Bali pada 2016 lalu.
Ilustrasi
Ilustrasi

Kabar24.com, DENPASAR--Kota Denpasar tercatat menjadi lokasi penyerap dana kredit usaha rakyat atau KUR terbesar di Bali pada 2016 lalu.

Data OJK Regional 8 Bali Nusra, hingga akhir Desember tahun lalu, dari total Rp19,9 triliun dana KUR yang disalurkan, 23,5% diserap oleh debitur di ibukota Bali atau senilai Rp637,6 miliar.

Menariknya, penyerap terbesar kedua dana dengan suku bunga 9% per tahun itu bukan Kabupaten Badung, tetapi Tabanan. Kabupaten berjuluk lumbung beras Bali ini menyerap Rp359,6 miliar atau 13,25%, dan disusul Buleleng mencapai Rp355,1 miliar atay 13,09%.

Adapun daerah lain seperti Gianyar senilai Rp344,5 miliar atau 12,7%, kemudian Badung Rp272,8 miliar (10,06%), Klungkung Rp142,2 miliar (5,24%), Jembrana Rp223,5 miliar (8,24%), Bangli Rp136,6 miliar (5,03%), dan Karangasem Rp235,6 miliar (8,68%).

Direktur Pengawas‎an Lembaga Jasa Keuangan OJK Regional 8 Nasirwan Ilyas menduga besarnya daya serap Denpasar ditopang oleh tingkat konsentrasi perbankan.

"Kantor cabang bank penyalur KUR harus diakui lebih banyak terpusat di sini," ungkapnya, Kamis (9/2/2017).

Bank penyalur KUR di Bali adalah BNI, BRI, Bank Mandiri, dan BPD Bali. Nasirwan mengimbau porsi penyaluran di daerah-daerah pelosok semakin diperbesar pada tahun ini. Menurutnya, sejak awal program KUR ditujukan untuk masyarakat yang tidak mendapatkan akses ke perbankan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper