Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MAPI dan MIT Global Entrepreneurship Kerja Sama

Tim mahasiswa MBA dari sekolah bisnis MIT Sloan School of Management kembali bekerjasama dengan PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) di Jakarta untuk mempelajari pasar ritel dan gaya hidup di Indonesia.
Ilustrasi./Bisnis
Ilustrasi./Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Tim mahasiswa MBA dari sekolah bisnis MIT Sloan School of Management kembali bekerjasama dengan PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) di Jakarta untuk mempelajari pasar ritel dan gaya hidup di Indonesia.

Kegiatan yang dilakukan selama Januari 2017 tersebut merupakan bagian dari program MIT Global Entrepreneurship Laboratory (G-LAB), salah satu dari 15 lab Action Learning yang tersedia bagi mahasiswa MIT Sloan School of Management, di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat,

V.P. Sharma, Vice President Director MAP mengatakan dengan berperan dalam program G-Lab, pihaknya berkesempatan memperoleh perspektif dan wawasan terbaru mengenai praktik-pratik terbaik (best practices) di sektor ritel global melalui riset mahasiswa.

"Program ini juga mendukung upaya-upaya kami dalam proses transformasi digital. Sejauh ini, pengalaman kami dengan tim mahasiswa MIT-MBA sangat positif dan kami juga sangat berharap dapat segera mendapatkan hasil analisa mereka,” tuturnya, Kamis (26/1/2017).

Tim mahasiswa MBA yang terdiri dari berbagai keahlian dan latar belakang mulai bekerja di Jakarta antara 9 – 27 Januari 2017. Namun, mereka telah mulai melakukan pekerjaan off-site sejak September 2016, dan akan berakhir dengan analisa final mendalam pada Februari 2017.

Hasil dari analisa tim ini akan termasuk presentasi formal dan juga solusi nyata berupa perangkat high-impact yang bisa segera digunakan perusahaan.

Sejumlah tim mahasiswa dari MIT Sloan G-Lab telah memberikan wawasan high-impact dan analisa kepada sejumlah perusahaan start-up maupun perusahaan dengan pertumbuhan tinggi pada pasar berkembang maupun di perbatasan sejak tahun 2000.

Tim akan bekerjasama dengan perusahaan yang menjamu mereka untuk menghadapi tantangan bisnis atau business problem dalam berbagai area kritis seperti pertumbuhan strategis, new market entry, harga, pemasaran, benchmarking, pengumpulan dana serta strategi keuangan.

Dalam prosesnya, para mahasiswa ini akan mendapatkan pengalaman dunia nyata saat membuat, mengembangkan dan menjalankan perusahaan baru dengan beragam infrastruktur ekonomi termasuk memahami peran politik, budaya serta variabel lain di luar ekonomi.

Setelah melalui proses seleksi yang cukup ketat, PT Mitra Adiperkasa Tbk, menjadi bagian dari projek G-Lab sejak tahun 2014 dan dipilih berdasarkan model bisnis, potensi pertumbuhan dan keberhasilan dalam bisnis ritel dan gaya hidup.

Perusahaan yang terpilih adalah perusahaan yang berada pada titik infleksi strategis atau operasional dan juga berniat mengembangkan lebih jauh bisnisnya secara global. Sebagai informasi, PT Mitra Adiperkasa Tbk sendiri berdiri sejak tahun 1995 dan kini memiliki portofolio 150 merek kelas dunia dan mengoperasikan lebih dari 2.000 toko ritel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper