Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Izin Suaka Diperpanjang, Snowden Bisa Ajukan Jadi WN Rusia pada 2018

Mantan agen Badan Intelijen National Security Agency (NSA) Amerika Serikat Edward Snowden diizinkan untuk memperpanjang izin tinggalnya di Rusia dalam tiga tahun kedepan serta akan mengajukan permohonan untuk menjadi Warga Negara Rusia pada tahun depan.
Edward Snowden, mantan kontraktor intelejen AS. /reuters
Edward Snowden, mantan kontraktor intelejen AS. /reuters

Kabar24.com, JAKARTA – Mantan agen Badan Intelijen National Security Agency (NSA) Amerika Serikat Edward Snowden diizinkan untuk memperpanjang izin tinggalnya di Rusia dalam tiga tahun kedepan serta akan mengajukan permohonan untuk menjadi Warga Negara Rusia pada 2018.

Pemerintah Rusia mengatakan mereka telah memperpanjang izin tinggal untuk Snowden, yang diberi suaka di Rusia setelah membocorkan informasi rahasia tentang operasi mata-mata di Negeri Paman Sam.

Pengacara Snowden Anatoly Kucharena mengatakan izin yang diberikan oleh pemerintah Rusia berlaku hingga 2020. “Dengan begitu, Snowden sekarang memiliki peluang menerima kewarganegaraan selama jangka waktu tertentu.Karena di hukum, untuk menjadi WN harus tinggal di Rusia setidaknya lima tahun,” katanya, dikutip dari Reuters, Rabu (18/1/2017).

Saat ini, Kucharena mengatakan Snowden telah tinggal di Rusia selama empat tahun. “Selama hampir empat tahun, dia tidak melanggar hukum. Tidak ada keluhan tentang dia. Itu juga salah satu alasan izin tinggalnya diperpanjang,”ujarnya.

Amerika Serikat berkepentingan untuk menyeret Snowden ke pengadilan atas tuduhan melangar Undang-undang Spionase 1917. Snowden dianggap telah membocorkan ribuan dokumen rahasia pada 2013. Dokumen itu berisi daftar nama yang berada dalam pengawasan AS yang diberlakukan setelah serangan teroris pada 11 September 2001 di New York.

Setelah itu, Snowden diberikan suaka di Rusia selama satu tahun, lalu suakanya diperpanjang sampai tiga tahun. Adapun. suaka Snowden seharusnya berakhir pada 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper