Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Izin Suaka Diperpanjang, Snowden Bisa Ajukan Jadi WN Rusia pada 2018

Mantan agen Badan Intelijen National Security Agency (NSA) Amerika Serikat Edward Snowden diizinkan untuk memperpanjang izin tinggalnya di Rusia dalam tiga tahun kedepan serta akan mengajukan permohonan untuk menjadi Warga Negara Rusia pada tahun depan.
Irene Agustine
Irene Agustine - Bisnis.com 19 Januari 2017  |  05:53 WIB
Edward Snowden, mantan kontraktor intelejen AS.  - reuters
Edward Snowden, mantan kontraktor intelejen AS. - reuters

Kabar24.com, JAKARTA – Mantan agen Badan Intelijen National Security Agency (NSA) Amerika Serikat Edward Snowden diizinkan untuk memperpanjang izin tinggalnya di Rusia dalam tiga tahun kedepan serta akan mengajukan permohonan untuk menjadi Warga Negara Rusia pada 2018.

Pemerintah Rusia mengatakan mereka telah memperpanjang izin tinggal untuk Snowden, yang diberi suaka di Rusia setelah membocorkan informasi rahasia tentang operasi mata-mata di Negeri Paman Sam.

Pengacara Snowden Anatoly Kucharena mengatakan izin yang diberikan oleh pemerintah Rusia berlaku hingga 2020. “Dengan begitu, Snowden sekarang memiliki peluang menerima kewarganegaraan selama jangka waktu tertentu.Karena di hukum, untuk menjadi WN harus tinggal di Rusia setidaknya lima tahun,” katanya, dikutip dari Reuters, Rabu (18/1/2017).

Saat ini, Kucharena mengatakan Snowden telah tinggal di Rusia selama empat tahun. “Selama hampir empat tahun, dia tidak melanggar hukum. Tidak ada keluhan tentang dia. Itu juga salah satu alasan izin tinggalnya diperpanjang,”ujarnya.

Amerika Serikat berkepentingan untuk menyeret Snowden ke pengadilan atas tuduhan melangar Undang-undang Spionase 1917. Snowden dianggap telah membocorkan ribuan dokumen rahasia pada 2013. Dokumen itu berisi daftar nama yang berada dalam pengawasan AS yang diberlakukan setelah serangan teroris pada 11 September 2001 di New York.

Setelah itu, Snowden diberikan suaka di Rusia selama satu tahun, lalu suakanya diperpanjang sampai tiga tahun. Adapun. suaka Snowden seharusnya berakhir pada 2017.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rusia edward snowden
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top