Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis Indonesia 13 Januari, Seksi Utama: Freeport Melenggang

Berikut ringkasan headlines Bisnis Indonesia edisi cetak Jumat, 13 Januari 2017. Seksi Utama, Freeport melenggang.
Bisnis Indonesia cetak Edisi Jumat, 13 Januari 2017 Seksi Utama/epaper.bisnis.com
Bisnis Indonesia cetak Edisi Jumat, 13 Januari 2017 Seksi Utama/epaper.bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Berikut ringkasan headlines Bisnis Indonesia edisi cetak Jumat, 13 Januari 2017. Untuk menyimak lebih lanjut, silakan kunjungi http://epaper.bisnis.com/

Seksi Utama

Hal 1. IZIN OPERASI PERUSAHAAN TAMBANG: Freeport Melenggang
PT Freeport Indonesia dan perusahaan tambang yang berstatus kontrak karya lainnya berpeluang mengeruk tambang makin besar asalkan menaati persyaratan yang semakin ketat.

HOLDING BUMN: Pergeseran Saham Negara Diwaspadai
Pergeseran saham milik negara dari BUMN ke BUMN lain sebagai bagian dari pembentukan holding BUMN diharapkan tidak melanggar undang-undang kendati pemerintah telah menerbitkan peraturan baru.

BERANDA: Hoaxopreneur, Musuh Baru Kemanusiaan
Tahukah Anda siapa musuh nomor satu masyarakat dunia saat ini? Sebagian besar anggota masyarakat yang masih waras pasti akan menjawab bahwa dialah pengusaha informasi hoax alias hoaxpreneur. Mereka ini adalah orang atau pihak yang senang mengembangkan kabar ngibul untuk berbagai keperluan, dan berefek samping memperoleh sejumlah uang.

Hal 2. Tegakkan Budaya Kepatuhan
Baru saja kita melihat dan membaca berita terbakarnya kapal penumpang KM Zahro di perairan dekat Muara Angke yang menimbulkan korban jiwa karena terbakar dan hilang/tenggelam lebih dari 20 orang. Polisi telah menetapkan nakhoda kapal sebagai tersangka. Nahkoda dinilai bertanggung jawab menghentikan pelayaran bila ada ketidaksesuaian dengan standar keselamatan dan kelaikan berlayar, termasuk jika ada gangguan mesin ataupun ketidaksesuaian jumlah penumpang dengan manifest.
HOTBONAR SINAGA, Ketua Sekolah Tinggi Manajemen Risiko & Asuransi (Stimra)

Hal 3. AKSI KORPORASI: WOM Finance Berpindah Tangan
PT Bank Maybank Indonesia Tbk. segera mengalihkan 68,55% sahamnya di PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk. kepada PT Reliance Capital Management. Nilai akuisisi itu ditaksir mencapai Rp673,77 miliar.

Hal 4. REVALUASI ASET: Barang Milik Negara Akan Diasuransikan
Beberapa jenis barang milik negara akan diasuransikan pada tahun anggaran 2018. Kebijakan ini menyusul penerbitan Peraturan Menteri Keuangan tentang Pengasuransian Barang Milik Negara atau BMN.

Hal 5. REKAM JEJAK CALON MENTERI: Menebak Arah Kebijakan Trump
Para pelaku pasar lagi-lagi dibuat bertanyatanya terkait masa depan Amerika Serikat di tangan Donald Trump. Konferensi pers perdananya pada 2017 sebagai Presiden terpilih Paman Sam, rupanya belum berhasil memuaskan keingintahuan pasar global atas detail kebijakan ekonominya.

Hal 6. LAYANAN SELULAR: Operator Genjot 4,5 G
PT XL Axiata Tbk mengimplementasikan teknologi 4x4 Multiple-In Multiple-Out (MIMO) bersamaan dengan modulasi 256 Quadrature Amplitude Modulation (QAM) atau lazim disebut teknologi 4,5 G.

Hal 7. GELARAN INFRASTRUKTUR: 13 Proyek Belum Penuhi Kriteria PSN
Sebanyak 13 proyek usulan Ke menterian Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk dimasukkan dalam daftar baru Proyek Strategis Nasional (PSN) bakal terhambat karena proyek tersebut belum memenuhi kriteria kategori.

Hal 8. REGROUPING PABRIK GULA Produksi Gula Bakal Naik
Program pengelompokan dan revitalisasi pabrik-pabrik gula milik PT Perkebunan Nusantara atau PTPN diperkirakan dapat kembali mengerek produksi gula kristal putih ke level minimal 1,6 juta ton per tahun.

Hal 9. IKLAN

Hal 10. SERBUAN TKA ILEGAL: Putusnya Sinergi Pusat-Daerah
Maraknya tenaga kerja asing ilegal menjadi isu yang mengejutkan seiring dengan banyaknya komitmen investasi ke Indonesia. Itu pula yang memperuncing tudingan buruknya tata kelola ketenagakerjaan di negeri ini.

Hal 11. RENCANA PERDAMAIAN: Kreditur Setujui Proposal Brent Ventura
Proposal perdamaian yang diajukan oleh PT Brent Ventura akhirnya disetujui oleh mayoritas kreditur. Dari hasil pemungutan suara, sejumlah 98% kreditur menyetujui isi proposal.

Hal 12. PEMERINTAHAN JOKOWI-JK: Gangguan Sepanjang Waktu
Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla memang telah mampu menguasai kursi mayoritas di parlemen. Namun, hingga akhir pemerintahan masih akan ada elemen yang menganggu legitimasi Jokowi-JK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ahmad Yusuf
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper