Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyerangan Siswa SD Sabu Barat, 2 Kapolsek Dicopot

Dua Kapolsek di Kabupaten Sabu Raijua dicopot dari jabatannya oleh Kapolres Kupang AKBP Adjie Indra Dwiatma pascapenyerangan terhadap tujuh siswa SD di pulau bagian selatan NKRI tersebut.
Penyerangan dengan pisau/ilustrasi
Penyerangan dengan pisau/ilustrasi

Kabar24.com, JAKARTA - Dua Kapolsek di Kabupaten Sabu Raijua dicopot dari jabatannya oleh Kapolres Kupang AKBP Adjie Indra Dwiatma pascapenyerangan terhadap tujuh siswa SD di pulau bagian selatan NKRI tersebut.

"Saya sudah pecat (dari jabatan) dua kapolsek yang bertugas di Sabu pascakejadian tersebut. Keduanya atas nama Kompol Sixvenson Weomata yang menjadi Kapolsek Sabu Barat dan Iptu Riyanton Salim Ilyas, Kapolsek Hawu Mehara," katanya saat ditemui di Kupang, Jumat (6/1/2017).

Dijelaskan, keduanya saat ini sudah dibebastugaskan menjadi kapolsek, karena keduanya dianggap lalai dan meninggalkan tugas saat terjadi peristiwa penganiayaan tujuh siswa Sekolah Dasar di Sabu Barat Kabupaten Sabu Raijua pada 13 Desember lalu.

Keduanya saat ini, lanjut Adjie, hanya menjadi perwira Polres Kupang sambil menunggu proses hukum lebih lanjut.

Sebagai gantinya, Kapolres Kupang menunjuk AKP Paulus Matta yang juga mantan Kapolsek Fatuleu sebagi pelaksana tugas Kapolsek Sabu Barat, sementara pelaksana tugas Kapolsek Hawu Mehara dijabat oleh Ipda Arianto yang juga Kaur Bin Ops (KBO) Sat Intelkam Polres Kupang.

"Saya sudah tunjuk dua Pelaksana Tugas yang baru, sambil menunggu telegram penggangkatan Kapolsek yang baru," tuturnya.

Dijelaskan, pascakejadian penyerangan tersebut, kedua kapolsek yang tidak berada di tempat, langsung dipanggil dan langsung diperiksa Bidang Propam Polda NTT dan selanjutnya ditahan selama tujuh hari dalam sel Bidang Propam Polda NTT atau sejak 14-21 Desember 2016.

Setelah itu, Propam Polda NTT langsung menyerahkan ke Polres Kupang untuk proses lebih lanjut.

"Saat ini mereka (kedua kapolsek) sudah di Polres Kupang setelah menjalani hukuman kurungan tujuh hari di Polda NTT. Di Polres Kupang mereka tidak ada jabatan dan menunggu sidang disiplin," tegas Kapolres Kupang.

Terkait sidang, Adjie menyatakan belum memastikan jadwal sidang disiplin bagi kedua mantan kapolsek itu.

Kapolres juga menggambarkan kalau kondisi masyarakat di Kabupaten Sabu Raijua sampai dengan hari ini pasca kejadian di Sabu Barat sudah tenang dan sangat kondusif.

Bahkan Perayaan Natal dan Tahun Baru pun berlangsung aman dan tertib serta tanpa ada kejadian. Dan sejumlah pasukan masih ditempatkan di Pulau tersebut sampai batas waktu tidak ditentukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper