Bisnis Indonesia 20 Desember, Seksi Utama: Megaproyek Listrik, Konstruksi Minim

Berikut ringkasan headlines Bisnis Indonesia edisi cetak Selasa 20 Desember 2016. Seksi Utama, megaproyek kelistrikan 35.000 MW, konstruksi minim.
Priyo Susilo | 20 Desember 2016 05:57 WIB
Bisnis Indonesia cetak Edisi Selasa 20 Desember 2016 Seksi Utama - epaper.bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Berikut ringkasan headlines Bisnis Indonesia edisi cetak Selasa, 20 Desember 2016. Untuk menyimak lebih lanjut, silakan kunjungi http://epaper.bisnis.com/

Seksi Utama

Hal 1. MEGAPROYEK LISTRIK 35.000 MW ; Konstruksi Minim

Harapan besar terhadap keberhasilan megaproyek listrik 35.000 megawatt menjadi tantangan terbesar pemerintah, terutama untuk mempercepat proyek konstruksi.

REKSA DANA ; Rilis Produk Kian Mudah

Mengurus izin pendaftaran produk dan agen penjual reksa dana kini tak butuh waktu berbulan-bulan, tetapi cukup 19 hari saja, setelah Otoritas Jasa Keuangan memperluas cakupan Sistem Informasi Perizinan dan Registrasi Terintegrasi.

REDENOMINASI MATA UANG ; Uang Baru, Harapan Baru

Mobil penukaran uang terparkir di depan pusat pembelanjaan Blok M Square. Andi, Pedagang Miniatur Perak, tak menyadari tempat yang biasa melayaninya untuk menukarkan uang itu menyediakan pecahan uang dengan versi baru.

Hal 2. Skema Gross Split dalam Kontrak Migas

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan telah mewacanakan perubahan skema kontrak minyak dan gas (migas) dari production sharing contract (PSC) menjadi skema gross split. Tidak hanya mewacanakan saja, Jonan bahkan sudah menetapkan berlakunya skema baru itu pada awal Januari 2017 untuk kontrak migas yang baru.

FAHMY RADHI ; Dosen Departemen Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada; Mantan anggota Tim Reformasi Tata Kelola Migas

Hal 3. Iklan

Hal 4. TARGET INFLASI ; Efek Kenaikan Harga TDL & BBM Diwaspadai

Tarif dasar listrik dan harga bahan bakar minyak yang memiliki tendensi naik diperkirakan mengerek tingkat inflasi pada tahun depan. Kendati demikian, pemerintah tetap berkomitmen menjaganya di bawah 4%.

Hal 5. PENGETATAN MONETER ; Ketidakpastian Baru Datang dari China

Untuk pertama kalinya sejak 2006, China dan Amerika Serikat yang merupakan dua raksasa ekonomi dunia, secara berbarengan mengadopsi pengetatan moneter. Hal ini diperkirakan menekan ketidakpastian baru yang akan muncul tahun depan.

Hal 6. LAYANAN SELULER ; Lelang Frekuensi 2.100 Mhz di Kuartal I/2017

Lelang frekuensi 2.100 Mhz sebanyak dua blok masing-masing terdiri dari 5 Mhz akan digelar pada kuartal I/2017, sejalan dengan rampungnya migrasi yang dilakukan Smartfren di frekuensi 1.900 Mhz pada 14 Desember 2016.

Hal 7. PROYEK INFRASTRUKTUR ; Konsorsium CMNP Raih Tol Cisumdawu

PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) kembali memperbesar kapasitas kepemilikan ruas tol setelah memenangkan ruas tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) sepanjang 60 Km yang baru dilelang pada tahun ini.

Hal 8. PENANAMAN MODAL ; Wisata Agro Jadi Andalan

Investor asal Jawa Timur menjajaki investasi di delapan titik potensi wisata agro di Sleman, Jawa Tengah menyusul tawaran pemerintah kabupaten tersebut.

Hal 9. OUTLOOK EKONOMI DAERAH ; Sumsel Bakal Tumbuh 5,5%

Pertumbuhan ekonomi Sumatra Selatan diproyeksi mencapai kisaran 5%—5,5% pada 2017 yang ditopang oleh peningkatan konsumsi pemerintah, industri pengolahan serta perbaikan kinerja ekspor.

Hal 10. PEMBANGUNAN APARTEMEN JAKARTA ; Setelah Era Mangkrak, Saatnya Kembali Bergeliat

Sejumlah pekerja hilir mudik di area konstruksi gedung yang beberapa bagiannya mulai terkikis. Di sekeliling mereka, pondasi bangunan terlihat berkarat dan dinding berlumut.

Hal 11. PROSES KEPAILITAN ; Abaco Investment Disebut Jadi Investor ASM

PT Asuransi Syariah Mubarakah dikabarkan sedang berupaya menjalin negosiasi dengan calon investor untuk menyelesaikan seluruh utangnya dalam proses kepailitan.

Hal 12. PEMBAHASAN REVISI UU MD3 ; Jalan Lempeng PDI Perjuangan

Tak perlu tenaga ekstra. Kirakira kalimat yang pas untuk menggambarkan langkah politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan untuk dapat merengkuh satu kursi pimpinan di MPR dan DPR.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
headlines bisnis indonesia, Bisnis Indonesia 30 Tahun

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top