Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sido Muncul Dorong Danau Rawa Pening Jadi Destinasi Wisata

PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. mendorong pengembangan Danau Rawa Pening sebagai destinasi wisata unggulan di Jawa Tengah.
Ilustrasi danau/Antara
Ilustrasi danau/Antara

Bisnis.com, SEMARANG – PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. ‎mendorong pengembangan Danau Rawa Pening sebagai destinasi wisata unggulan di Jawa Tengah.

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat menuturkan danau yang terletak di Kabupaten Semarang itu saat ini mengalami pendangkalan karena ditutupi tanaman eceng gondok. 

Menurutnya, upaya pembersihan dan pelatihan pemanfaatan eceng gondok belum mampu mengurangi tekanan populasi tumbuhan ini.

"Sangat disayangkan, padahal Rawa Pening memiliki panorama yang indah karena letaknya berada di kaki Gunung Merbabu‎, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran," ujarnya di sela acara bertajuk Membangun Pariwisata dengan Menyelamatkan Sumber Air di Semarang, Senin (19/12/2016).

Dengan permasalahan eceng gondok ini, Sido Muncul yang keberadaan pabriknya tidak jauh‎ dari Rawa Pening mencari solusi untuk menyelamatkan danau itu agar terhindar dari populasi eceng gondok yang mengganggu lingkungan perairan.

‎Melalui kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan, Sido Muncul melakukan penelitian pemanfaatan tumbuhan eceng gondok menjadi sumber energi baru.

Dia mengungkapkan semua bagian dari tumbuhan eceng gondok dapat dijadikan produk bahan padatan (briket/biomas) yang berbentuk pellet untuk digunakan sebagai energi baru pengganti minyak dan gas.

Upaya ini diharapkan dapat mengurangi dan membersihkan tumbuhan eceng gondok sesuai target yang diinginkan sampai kondisi Rawa Pening nantinya akan bersih dan memberikan dampak ekonomi yang nyata bagi sektor pertanian, perikanan, pariwisata, serta dampak positif lainnya, seperti ketersediaan air, lapangan kerja, dan lingkungan yang baik.

"Setelah dibersihkan dari eceng gondok, diharapkan pemerintah daerah bisa mengembangkan Rawa Pening menjadi obyek wisata dengan membangun infrastruktur pendukung dan menyiapkan atraksinya," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdiyan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper