Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hercules C-130 Lima Kali Kecelakaan Sejak Tahun 2000

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PKS Sukamta mengatakan pesawat TNI jenis Hercules C-130 sudah lima kali mengalami kecelakaan sejak tahun 2000. Pesawat dengan jenis yang sama kembali mengalami kecelakaan dan menewaskan 13 orang prajurit TNI, kemarin (18/12/2016).
Hercules C-130/wikipedia
Hercules C-130/wikipedia

Kabar24.com, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PKS Sukamta mengatakan pesawat TNI jenis Hercules C-130 sudah lima kali mengalami kecelakaan sejak tahun 2000.

Pesawat dengan jenis yang sama kembali mengalami kecelakaan dan menewaskan 13 orang prajurit TNI, Minggu (18/12/2016).

"Ini tentu harus jadi perhatian serius dari Pak Menhan dan juga jajaran TNI," kata Sukamta melalui keterangan tertulis, Senin (19/12/2016).

Oleh karena itu, dia kembali mendesak TNI mengevaluasi secara menyeluruh sistem penerbangan TNI.

Sebab, banyak pesawat TNI yang usianya lebih dari 30 tahun. Selain itu, berdasarkan info yang pernah Sukamta dapat, karena keterbatasan peralatan akibat embargo tidak jarang perbaikan pesawat TNI dilakukan dengan cara kanibal atau menggunakan bagian pesawat lain yang sudah tidak dapat beroperasi.

Pernyataan serupa juga disampaikan oleh Ketua Komisi I Abdul Kharis Almasyhari.

TNI perlu melakukan evaluasi khususnya soal kelayakan dan keselamatan operasi seluruh pesawat TNI hasil peremajaan yg diperoleh dari luar negeri.

Selanjutnya, setelah masa reses, Komisi I DPR akan memanggil pihak TNI atau Kementerian Pertahanan untuk meminta penjelasan Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) atas kinerja mereka dalam mengawasi kelayakan kontrak setiap alat utama sistem pertahanan TNI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper