Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sertifikat Halal Dibiayai APBD, Disperindag Sumut Target 25 IKM di 2017

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatra Utara menargetkan pada tahun depan memberikan sertifikat halal kepada produk dari 25 industri kecil dan menengah (IKM).
Febriany Dian Aritya Putri
Febriany Dian Aritya Putri - Bisnis.com 20 November 2016  |  15:50 WIB

Bisnis.com, MEDAN - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatra Utara menargetkan pada tahun depan memberikan sertifikat halal kepada produk dari 25 industri kecil dan menengah (IKM).

Pemberian sertifikat halal ini akan bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Kepala Disperindag Sumut Alwin mengatakan, sebelumnya, sertifikat halal diberikan dari anggaran Kementerian Perindustrian. Namun, mulai tahun depan berasal dari alokasi APBD.

“Kami menilai pemberian sertifikat halal penting untuk memajukan bisnis IKM. Apalagi ini juga diberlakukan di beberapa negara. Tapi, untuk mendapatkan sertifikat halal, para pengusaha juga perlu mengantongi izin dari Dinas Kesehatan Sumut dan Balai POM,” ujar Alwin, Minggu (20/11/2016).

Lebih lanjut, Alwin meminta para pengusaha IKM juga mempercepat pengajuan sertifikat halal, khususnya bagi yang bergerak di bidang pangan. Saat ini Sumut memiliki 7.847 unit IKM yang memiliki produk pangan.

“Kemajuan IKM perlu kami dorong terus. Kontribusi terhadap perekonomian daerah cukup besar. Misalnya dari total IKM pangan, itu sudah menyerap tenaga kerja 39.840 orang dan nilai investasinya Rp251,77 miliar.”

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sertifikat halal industri kecil menengah
Editor : Yoseph Pencawan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top