Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenkes Perangi Penyakit Triple Burden

Kementerian Kesehatan berupaya menyelesaikan penyakit triple burden, yakni penyakit infeksi, penyakit tidak menular, dan kemunculan kembali penyakit yang telah teratasi.
Lili Sunardi
Lili Sunardi - Bisnis.com 14 November 2016  |  16:42 WIB
Nila Moeloek - Antara
Nila Moeloek - Antara

Kabar24.com, JAKARTA—Kementerian Kesehatan berupaya menyelesaikan penyakit triple burden, yakni penyakit infeksi, penyakit tidak menular, dan kemunculan kembali penyakit yang telah teratasi.

Nila Moeloek, Menteri Kesehatan, mengatakan saat ini penyakit triple burden menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Untuk itu, pemerintah sedang berupaya agar triple burden yang terdiri dari penyakit infeksi, penyakit tidak menular, dan kemunculan kembali penyakit yang telah teratasi dapat ditekan.

“Data Global Burden of Disease 2010, dan Health Sector Review 2014 menyebut kematian yang diakibatkan penyakit tidak menular, yakni stroke menempati peringkat pertama,” katanya, Senin (14/11).

Nila menuturkan tiga puluh tahun lalu penyakit menular, seperti ISPA, tuberkulosis, dan diare, menjadi penyakit yang paling banyak mendapatkan pelayanan kesehatan. Pergeseran pola penyakit itu diduga karena berubahnya gaya hidup masyarakat.

Menurutnya, penyakit tidak menular dan perilaku hidup yang tidak sehat dapat mengganggu masyarakat usia produktif. Padahal seharusnya masyarakat usia produktif dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

“Pencegahan penyakit menular dan tidak menular sangat tergantung kepada perilaku individu yang didukung dengan kualitas lingkungan, ketersediaan sarana dan prasarana, peningkatan layanan kesehatan, sumber daya kesehatan yang berkualitas, serta dukungan regulasi,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Nila juga menyebutkan pemerintah akan menggunakan pola hidup masyarakat yang sehat sebagai prioritas pembangunan kesehatan 2015-2019. Kebijakan itu akan dituangkan dalam program Indonesia sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenkes penyakit tidak menular
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top