Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ANUGERAH MUSIK MTV EROPA: Justin Biber Singkirkan Lady Gaga

Penyanyi Justin Bieber menyingkirkan Lady Gaga sebagai pemenang Anugerah Musik MTV Eropa di Rotterdam, Belanda, dengan merebut tidak penghargaan berkat dukungan kuat penggemarnya, yang disebut Beliebers.
Justin Bieber/Reuters
Justin Bieber/Reuters

Bisnis.com, ROTTERDAM -  Penyanyi Justin Bieber menyingkirkan Lady Gaga sebagai pemenang Anugerah Musik MTV Eropa di Rotterdam, Belanda, dengan merebut tidak penghargaan berkat dukungan kuat penggemarnya, yang disebut "Beliebers".

Bieber, yang mendapatkan lima nominasi, merebut penghargaan untuk kategori "Penggemar Terbanyak", "Aksi Panggung Penyanyi Kanada Terbaik" dan "Lagu Terbaik" untuk karyanya, "Sorry".

Sementara itu, Gaga -yang sedang melawat ke Jepang- menjadi juara dalam kategori "Perempuan Penyanyi Terbaik" dan "Penampilan Terbaik".

Penyanyi "funk" Amerika Serikat, Bruno Mars, memeriahkan acara itu dengan menyanyikan "24k Magic", salah satu karya terkenalnya selain "Uptown Funk".

"Pertunjukan dimulai! Pertunjukan dimulai! Tebak siapa yang kembali?" kata Mars sambil bernyanyi.

Mars menunjukkan tarian diskonya yang selaras dengan tata cahaya panggung.

Band veteran AS, Green Day, juga membawakan lagu bernuansa politis, menutup penampilannya dengan "American Idiot". Lagu yang terkenal pada 2004 itu berisi protes terhadap pemerintahan Bush. Mereka mengajak masyarakat mengabaikan propaganda pemerintah dan memikirkan nasib sendiri.

Sebelum acara dimulai, sejumlah bintang tampak melintasi karpet merah, salah satunya penyanyi terkenal AS, Billy Joe. Ia mengatakan, keadaan politik AS menjadi "serangan jantung bagi rakyat AS saat ini".

"Agenda besar itu merupakan konsekuensi atas pikiran liberal yang akan berdampak pada Mahkamah Agung AS," katanya.

Green Day juga membawakan "Bang Bang", lagu dari album baru "Never Too Old". Band itu juga ditetapkan sebagai "Ikon Dunia" - penghargaan atas karir musiknya selama ini.

Band tersebut juga dinominasikan untuk kategori "Penampilan Langsung Terbaik", tetapi kalah dari kelompok musik baru AS, Twenty One Pilots. Band baru itu meraih piala kategori "Musik Alternatif Terbaik".

Bintang besar lain peraih piala, tetapi tidak hadir, di antaranya Coldplay untuk "Musik Rock Terbaik" dan Drake, peraih "Musik Hip Hop Terbaik".

Namun, Beyonce, yang mendapatkan lima nominasi, tidak mendapatkan piala dari seluruh kategori itu.

Penyanyi R&B Kanada The Weeknd meraih juara untuk "Video Terbaik", berduet dengan Daft Punk untuk lagu "Starboy".

Dalam acara itu ia tampil dengan tata cahaya redup, membawakan sejumlah lagu dari tengah panggung.

Penyanyi Kanada Shawn Mendes, favorit di kalangan remaja perempuan juga meraih piala kategori "Penyanyi Pria Terbaik". Saat itu ia memainkan piano sembari menyanyikan "Mercy".

Lagu itu ditujukan untuk ibunya yang tengah berulang tahun.

Sejumlah penyanyi asal Eropa turut memeriahkan acara itu, diantaranya DJ asal Belanda, Martin Garrix membawakan lagu "In the Name of Love" bersama Bebe Rexha.

Rexha yang berganti pakaian sebanyak 15 kali turut menyanyikan lagunya untuk pertama kali, "I've Got U".

Garrix memenangi kategori "Lagu Elektronik Terbaik", dan "Aksi Panggung Dunia Terbaik".

Sementara itu, penyanyi remaja Swedia Zara Larsson juga memeriahkan acara membawakan lagu terkenalnya, "Lush Life" dan "Ain't My Fault". Saat itu ia berpakaian serba putih dengan sepatu boots tinggi mirip yang sering dipakai personel ABBA.

Pemenang lain termasuk grup disko DNCE untuk "Pendatang Baru Terbaik" dan grup band perempuan "Fifth Harmony" untuk "Lagu Pop Terbaik".

Piala dari MTV itu dihias dengan warna ungu untuk mengenang penyanyi terkenal Prince, yang meninggal pada April.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA/REUTERS
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper