Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sempat Menghilang, Hiu Paus Kembali Muncul di Perairan Botubarani

Sempat Menghilang, Hiu Paus Kembali Muncul di Perairan Botubarani
Newswire
Newswire - Bisnis.com 06 Oktober 2016  |  18:59 WIB
Imbauan Dilarang Menyentuh Hiu Paus Warga menyentuh mulut Hiu paus (whale shark) di Desa Botubarani, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo - Antara
Imbauan Dilarang Menyentuh Hiu Paus Warga menyentuh mulut Hiu paus (whale shark) di Desa Botubarani, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo - Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Setelah sebulan lebih kawanan hiu paus (Rhyncodon typus) tidak pernah muncul di perairan Desa Botubarani Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango, kini hewan tersebut terpantau kembali ke perairan itu.

"Saya dan beberapa teman sengaja menebar makanan yaitu kepala udang selama seminggu terakhir. Pagi, siang dan sore rutin kami tebar di perairan untuk memancing kawanan hiu paus datang," kata salah seorang warga sekaligus penyedia jasa selam dan snorkling di wilayah itu, Cecep Naway, Kamis.

Usaha tersebut, kata dia, berhasil karena seekor hiu paus mulai muncul di perairan itu sejak tiga hari yang lalu.

Hingga saat ini, jumlah hiu paus yang terpantau di perairan tersebut ada dua ekor dan diduga merupakan individu baru karena berbeda dengan kondisi hiu paus sebelumnya.

"Hiu yang dulu rata-rata di tubuhnya ada bekas luka goresan maupun cat. Yang sekarang muncul semua bagian tubuhnya masih mulus, mungkin hiu yang berbeda. Ini hanya dugaan saya sementara," ungkapnya.

Meski hewan yang sangat ditunggu oleh masyarakat Gorontalo tersebut muncul lagi, namun pengunjung belum diizinkan untuk melakukan aktivitas wisata di perairan Botubarani.

Menurut Cecep, saat ini seluruh perangkat desa dan warga setempat masih akan rapat dulu untuk melakukan pembenahan di obyek wisata tersebut.

"Besok kami masih akan duduk bersama untuk membahasnya, karena pengelolaan wisata yang sebelumnya terbilang gagal. Masih banyak kekurangan yang mungkin membuat hiu paus tidak nyaman lagi di Botubarani," tambahnya.

Hingga saat ini pengunjung hanya diizinkan mengamati hiu paus dari bibir pantai.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hiu paus

Sumber : Antara

Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top