Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KEPALA BIN: Setya Novanto Perintahkan Ketua DPR dan Fraksi Golkar Kawal Budi Gunawan

Partai Beringin alias Golkar memberikan sinyal dukungan atas dipilihkan Komjen Budi Gunawan menjadi Kepala BIN menggantikan Suttiyoso.
Komisaris Jenderal Pol Budi Gunawan (tengah)/Antara-M Agung Rajasa
Komisaris Jenderal Pol Budi Gunawan (tengah)/Antara-M Agung Rajasa

Kabar24.com, JAKARTA - "Partai Beringin" alias Golkar memberikan sinyal dukungan atas dipilihkan Komjen Budi Gunawan menjadi Kepala BIN menggantikan Suttiyoso.

Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto mengapresiasi pengajuan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kepala BIN oleh Presiden Joko Widodo.

"Saya sudah mendengar Bapak Presiden Jokowi telah mengirimkan surat pengajuan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai calon Kepala Badan Intelijen lntelejen Negara (BIN) menggantikan Bapak Sutiyoso. Saya sangat mengapresiasi langkah Presiden menunjuk Komjen Budi Gunawan," ujar Novanto melalui keterangan tertulis kepada wartawan di Jakarta, Jumat (2/9/2016).

Novanto memandang Budi Gunawan merupakan sosok yang tepat memimpin lembaga intelijen, sebab Budi Gunawan tercatat sebagai lulusan terbaik Akpol tahun 1993 dan selalu meraih peringkat nomor satu di setiap pendidikan Polri.

Dia mengatakan Budi Gunawan juga pernah mendapatkan penghargaan Adhi Makayasa yang merupakan penghargaan tahunan kepada lulusan terbaik setiap matra TNI dan Kepolisian.

"Saya sudah menelepon Ketua DPR Ade Komarudin dan jajaran Fraksi Partai Golkar di DPR RI, untuk mengawal keputusan Presiden Jokowi yang telah menunjuk Pak Budi Gunawan sebagai Kepala BIN, mulai dari pembahasan di pimpinan DPR dan fraksi, hingga fit and proper test di Komisi I DPR dan Paripurna," jelas Novanto.

Novanto selaku Ketua Umum Golkar juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Sutiyoso yang akan memasuki purna tugas sebagai Kepala BIN.

"Saya ucapkan terima kasih atas pengabdiannya kepada bangsa dan tanah air," ujar Novanto.

Pada Jumat hari ini Presiden Joko Widodo melalui Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengirimkan surat pengajuan nama Budi Gunawan sebagai Kepala BIN kepada DPR RI. Budi Gunawan diusulkan mengganti posisi Sutiyoso.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper