Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KEPALA BIN: Semua Fraksi Diyakini Bakal Restui Budi Gunawan

Belum lagi fit and proper test digelar, muncul analisis bahwa Budi Gunawan akan direstui semua fraksi di DPR untuk memimpin Badan Intelijen Negara.
Komisaris Jenderal Pol Budi Gunawan (tengah)/Antara-M Agung Rajasa
Komisaris Jenderal Pol Budi Gunawan (tengah)/Antara-M Agung Rajasa

Kabar24.com, JAKARTA - Belum lagi fit and proper test digelar, muncul analisis bahwa Budi Gunawan akan direstui semua fraksi di DPR untuk memimpin Badan Intelijen Negara.

Pengamat intelijen Ridlwam Habib meyakini seluruh fraksi di DPR akan menerima pencalonan Komjen Polisi Budi Gunawan sebagai Kepala Badan Intelijen Negara oleh Presiden Joko Widodo.

"Saya kira semua fraksi akan aklamasi mendukung. Pencalonan Budi Gunawan akan mulus," kata Ridlwan di Jakarta, Jumat (2/9/2016).

Ridlwan menilai isu transparansi yang sering dilekatkan terhadap Budi Gunawan sudah selesai, sehingga seluruh fraksi akan menerimanya sebagai Kepala BIN.

Selain itu Budi Gunawan juga dipandang sebagai sosok yang memiliki kelebihan yakni pintar merangkul semua kalangan. Hal ini akan membantu tugas-tugasnya di masa depan.

Yang terpenting, kata Ridlwan, Budi Gunawan harus dapat menyolidkan BIN dan terus mendekatkan lembaga intelijen ke masyarakat. Sebab informasi di era digital sangat dinamis sehingga perlu peran serta masyarakat.

Di sisi lain, Ridlwan memperkirakan, kehadiran Budi Gunawan mungkin saja akan menimbulkan gejolak di internal BIN sendiri lantaran Budi Gunawan belum mempunyai latar belakang intelijen yang formal.

"Bagi sebagian kalangan di dalam, ini agak membingungkan. Tapi, bagaimana pun ini kan sudah pilihan presiden," kata Ridlwan.

Dia menekankan Kepala BIN adalah mata dan telinga presiden, sehingga siapa pun sosok Kepala BIN pilihan Presiden seyogyanya seluruh anggota BIN mendukung.

Pada Jumat hari ini Presiden Joko Widodo melalui Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengirimkan surat pengajuan nama Budi Gunawan sebagai Kepala BIN kepada DPR. Budi Gunawan diusulkan menggantikan posisi Sutiyoso.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper