Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KEPALA BIN: Presiden Jokowi Calonkan Budi Gunawan Ganti Sutiyoso

Ketua Komisi I DPR, Abdul Kharis Almasyari berharap kinerja intelijen Indonesia terkoordinasi lebih baik dibawah kepemimpinan Komjen Pol Budi Gunawan yang telah ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai calon Kepala BIN menggantikan Sutiyoso.
Komjen Pol Budi Gunawan/JIBI
Komjen Pol Budi Gunawan/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA -  Ketua Komisi I DPR, Abdul Kharis Almasyari berharap kinerja intelijen Indonesia terkoordinasi lebih baik dibawah kepemimpinan Komjen Pol Budi Gunawan yang telah ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai calon Kepala BIN menggantikan Sutiyoso.

"Kami harapkan tugas intelijen terkoordinasi dengan baik," katanya saat dihubungi di Jakarta, Jumat (2/9/2016).

Abdul Kharis Almasyari meyakini, Presiden Joko Widodo memilih sosok BG dengan pertimbangan tertentu, salah satunya aspek kecakapan di bidang intelijen.

Menurut dia, memang ada perbedaan latar belakang antara BG dari Kepolisian dengan Sutiyoso dari TNI, namun keduanya pasti dibekali ilmu intelijen oleh masing-masing institusi.

"Dunia intelijen bukan hal yang baru bagi Pak BG karena di Kepolisian pasti mendapatkan ilmu intelijen," ujarnya.

Namun dia mengingatkan agar BG menyesuaikan dengan jabatan baru tersebut sehingga kerja intelijen Indonesia bisa berjalan maksimal.

Selain itu, Abdul Kharis belum bisa memastikan jadwal uji kelayakan dan kepatutan yang akan dilakukan Komisi I DPR karena masih menunggu surat penugasan dari Badan Musyawarah DPR.

"Belum bisa dipastikan jadwal uji kelayakan dan kepatutan karena setelah surat dari Presiden masuk ke Pimpinan DPR, harus dibacakan dahulu di Rapat Paripurna," katanya.

Politisi PKS itu menjelaskan, setelah surat dari Presiden itu dibacakan di Rapat Paripurna DPR, lalu diadakan Rapat Bamus yang didalamnya mengamanahkan Komisi I untuk melakukan uji kelayakan.

Setelah itu menurut dia, Komisi I DPR akan mengadakan rapat internal untuk menyusun jadwal uji kelayakan calon Kepala BIN.

"Rapat Paripurna sepertinya Selasa (6/9), lalu Rapat Bamus kalau tidak Selasa sore, Rabu (7/9) atau Kamis (8/9) dan setelah itu kami rapat internal bahas jadwal uji kelayakan," ujarnya.

Sebelumnya, pimpinan DPR menerima surat pergantian Kepala Badan Intelijen Negara, yang menyebutkan Komjen Pol Budi Gunawan menggantikan Sutiyoso, surat itu disampaikan langsung oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

"Setelah Pak Mensesneg menyerahkan (surat pergantian KaBIN), maka Pimpinan DPR langsung mengadakan rapat pimpinan untuk menindaklanjuti surat tersebut," kata Ketua DPR Ade Komaruddin di Gedung Nusantara III, Jakarta, Jumat.

Hal itu disampaikannya usai menerima Mensesneg M. Pratikno di Ruang Rapat Pimpinan DPR, Gedung Nusantara III, Jakarta, Jumat.

Ade mengatakan, DPR akan menindaklanjuti surat itu setelah Pimpinan melakukan rapat dengan fraksi-fraksi, yang kemungkinan dilaksanakan pekan depan.

Menurut dia, rapat tersebut dilaksanakan pada Senin (5/9) sekaligus menentukan komisi terkait yang akan ditugaskan melakukan uji kelayakan dan kepatutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper