Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pameran Tjergam Taroeng dibuka Hari Ini

Kelompok Djagat Roepa Studio Enam menggelar pameran seni rupa bertajuk Tjergam Taroeng di Galeri Nasional Indonesia, mulai Jumat (12/8) hingga Senin (22/8) mendatang. Pembukaan pameran berlangsung pukul 19.00 hari ini. Adapun pameran dapat dikunjungi mulai pukul 10.00 - pukul 18.00.

Bisnis.com, JAKARTA - Kelompok Djagat Roepa Studio Enam menggelar pameran seni rupa bertajuk Tjergam Taroeng di Galeri Nasional Indonesia, mulai Jumat (12/8) hingga Senin (22/8) mendatang. Pembukaan pameran berlangsung pukul 19.00 hari ini. Adapun pameran dapat dikunjungi mulai pukul 10.00 - pukul 18.00.

Seperti dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Kamis (11/8), Pameran Tjergam Taroeng dikuratori Kuss Indarto. Pameran ini mengemas bahasa imaginasi cerita lama dalam perkembangan dunia komik sebagai seni cerita bergambar. Ini merupakan perkembangan yang berkaitan dengan bagaimana orang bercerita tentang realitas kehidupannya.

Inspirasi acara ini terlahir dari keinginan para perupa Ananta O’Edan, Yuli AS, Yassir Malik, Toto M. Mukmin, Untung Saryanto, Leonard Pratama, Iqbal Oemar, Andre Random, Nasir Setiawan, Abidin M, Muchyar Sumpena, dan Kurnia Setiawan, untuk mengeluarkan kekuatan pesan cerita bergambar pada masa keemasan dalam berkomunikasi, baik dalam pelesetan dan parodi serta harmoni dalam pastiche yang kental. Hal tersebut banyak ditemukan dalam berbagai karya seniman kontemporer Indonesia.

Pastiche yang paling jelas terlihat adalah bentuk-bentuk epigonisasi baik pada tataran gaya rupa, sampai pemakaian elemen rupa tersebut. Karya kelompok Djagat Roepa Studio Enam merupakan epigon dari gaya karya-karya komik era kosasih dan elemen-elemen tradisional lama yang mungkin sudah direstorasi dalam gaya-gaya tertentu oleh senimannya.

Selain pameran, pada Rabu (20/8) pukul 13.00 di Ruang Seminar Gedung B Galeri Nasional Indonesia, juga digelar diskusi Obrolan Perupa. Diskusi ini membagi tentang pengalaman Djagat Roepa Studio Enam dalam berkarya serta bercerita mengenai fenomena taroeng visual selama kurang lebih enam bulan berkarya bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper