Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PILKADA DKI 2017: Meski Harus Koalisi, PAN Pastikan Dukung Risma-Yoto

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan mengatakan akan mengusung Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) dan Bupati Bojonegoro, Suyoto (Yoto) sebagai pasangan cagub dan cawagub DKI Jakarta.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 09 Agustus 2016  |  12:50 WIB
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini (tengah), saat berbincang dengan sejumlah perempuan wali kota peserta PreCon III UN-Habitat ketika digelar pertemuan wali kota se Asia-Pasifik di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (24/7/2016). - Antara
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini (tengah), saat berbincang dengan sejumlah perempuan wali kota peserta PreCon III UN-Habitat ketika digelar pertemuan wali kota se Asia-Pasifik di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (24/7/2016). - Antara

Kabar24.com, JAKARTA—Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengatakan akan mengusung Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini Risma) dan Bupati Bojonegoro, Suyoto (Yoto) sebagai pasangan cagub dan cawagub DKI Jakarta.

Zulkifli mengakui bahwa saat ini Risma merupakan calon gubernur terkuat yang bisa menandingi Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Pilkada DKI Jakarta. Namun demikian, karena PAN tidak bisa mengusung sendiri calonnya maka partai tersebut akan terus melakukan komunikasi dengan PDIP dan partai lain yang kemungkinan akan mengusung Risma.

“Soal memilih pemimpin itu soal trust (kepercayaan) dan soal hati. Saya pilih Risma dari eksternal dan Yoto dari internal partai,” ujarnya seusai menerima pimpinan Korps Pegawai Negeri Indonesia (Korpri) di kantornya, Selasa (9/8/2016).

Zulkifli memahami bahwa Risma adalah kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). Karena itu PAN pun harus menunggu proses pencalonan di partai berlambang kepala banteng tersebut.

Zulkifli mengaku pernah menemui Risma dan Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri untuk mewujudkan keinginan partainya tersebut.

Saat ditanya apakah PAN akan mendukung Sandiaga Uno yang sudah dideklarasikan Partai Gerindra, Zulkifli menjawab PAN menghormati langkah Gerindra tersebut.

Zulkifli juga berharap Koalisi Kekeluargaan yang digalang oleh tujuh partai di luar partai pengusung Ahok, akan mengusung Risma. Tiga partai yang telah menyatakan dukungan kepada Ahok adalah Nasdem, Hanura dan Partai Golkar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ahok partai Pilkada DKI 2017
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top