Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pendaftar Jalur Mandiri UNAIR Tembus 10.143 Orang

Pendaftar di jaluar mandiri Universitas Airlangga (Unair) menmenus angka 10.143 orang sampai sampai Kamis (14/7) pukul 13.00 WIB.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 15 Juli 2016  |  17:34 WIB

Kabar24.com, MALANG—Pendaftar di jaluar mandiri Universitas Airlangga (Unair) menmenus angka 10.143 orang sampai sampai Kamis (14/7) pukul 13.00 WIB. Rektor Unair Prof M. Nasih mengatakan seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri merupakan peluang terakhir bagi lulusan sekolah menengah atas yang ingin diterima program studi S-1 di Universitas Airlangga. “Dari jumlah tersebut, prodi S-1 Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, UNAIR, tetap menjadi prodi favorit pendaftar. Jumlah pendaftar prodi S-1 Pendidikan Dokter mencapai 2.540 orang,” ujarnya dalam keterangan resminya, Jumat (15/7/2016). Dari jumlah pendaftar keseluruhan, sebanyak 189 orang mendaftar jalur mandiri kelas internasional.

Sekitar 22 orang diantaranya adalah warga negara asing. Pada seleksi jalur mandiri tahun 2015, WNA pendaftar kelas internasional didominasi dari Malaysia. Namun, untuk 2016, data asal negara pendaftar masih belum diketahui. Terkait dengan kelas internasional, dia menginginkan agar warga negara asing (WNA) dari berbagai negara bisa menjalani aktivitas perkuliahan di Unair. Pada 2016, Unair membuka jalur mandiri khusus Bidikmisi.

Prof. Nasih tidak menetapkan kuota Bidikmisi pada jalur mandiri. Menurutnya, kuota Bidikmisi UNAIR dari pemerintah sebanyak 550 mahasiswa sudah terpenuhi lewat jalur SNMPTN (373 orang) dan SBMPTN (293 orang). Namun, ia akan memperjuangkan pertambahan kuota Bidikmisi kepada pemerintah. Apabila permohonan pertambahan kuota tidak terpenuhi, maka peserta Bidikmisi jalur mandiri mendapatkan pembebasan biaya kuliah per semester.

“Di jalur mandiri pun menerima Bidikmisi. Mudah-mudahan, mereka yang secara ekonomi kurang mampu bisa bersaing di jalur mandiri,” tuturnya. Selain seleksi penerimaan mahasiswa baru sarjana jalur mandiri, Unair juga sedang membuka seleksi maba vokasi. Sampai Kamis (14/7/2016) pukul 13.00 WIB, jumlah pendaftar program vokasi mencapai 3.471 orang.

Dari jumlah tersebut, prodi D-3 Perpajakan dan D-3 Akuntasi menjadi pilihan favorit. Jumlah pendaftar D-3 Perpajakan mencapai 661 orang, sementara D-3 Akuntansi mencapai 552 orang. Kuota masing-masing prodi tersebut adalah 120 orang. Berbeda dari proses seleksi tahun lalu, tahun ini jadwal seleksi program vokasi dilaksanakan bebarengan dengan jalur mandiri.

Dengan adanya kebijakan ini, lulusan SMA/sederajat diharapkan segera menetapkan pilihan untuk melanjutkan studi jenjang sarjana atau diploma. “Daftar S-1 di jalur mandiri, kalau tidak diterima baru daftar ke vokasi. Jangan coba-coba lagi. Mulai dari sekarang harus menentukan pilihan. Kalau lulusan dari SMK, kamia dorong ke D-3,” tutur Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unair

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

unair
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top