MUDIK LEBARAN 2016: Pemprov Jateng Berangkatkan 11.438 Pemudik

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tahun ini memberangkatkan sebanyak 11.438 pemudik.
Annisa Sulistyo Rini | 02 Juli 2016 14:11 WIB
Calon penumpang berdesakan untuk memasuki peron tiga Stasiun Senen, Jakarta, Kamis (9/7). Menurut data PT. KAI DAOP 1 Jakarta, jumlah penumpang keberangkatan KAI sejak H-15 hingga H-10 telah terangkut sebanyak 112.627 penumpang, sedangkan keberangkatan dari Pasar Senen sebanyak 79.091 penumpang. - Antara/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA--Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tahun ini memberangkatkan sebanyak 11.438 pemudik.

Sekretaris Daerah Jawa Tengah Rahardjanto Pudjiantoro mengatakan pihaknya pada tahun ini memberangkatkan masyarakat Jateng yang bekerja di Ibu Kota menggunakan alat transportasi bus dan kereta api.

"Tahun ini kami berangkatkan 9.547 pemudik menggunakan 183 bus dan 1.936 pemudik menggunakan 3 rangkaian kereta api," ujarnya kepada Bisnis.com, Sabtu (2/7/2016).

Dia mengungkapkan para pemudik ini bisa menikmati fasilitas mudik gratis karena seluruh biaya ditanggung oleh Pemprov Jateng.

Dana yang dialokasikan, katanya, berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Pada tahun ini, merupakan tahun ke-2 Pemprov Jateng memberangkatkan pemudik menggunakan kereta api. Sedangkan melalui bus sudah berlangsung sekitar 15 tahun.

Adapun, masyarakat Jateng yang bisa menikmati mudik gratis ini adalah masyarakat yang bekerja secara informal di Ibu Kota dan kurang mampu untuk mudik menggunakan transportasi umum.

"Masyarakat Jateng bisa mendaftar ke paguyuban yang ada di Jakarta," katanya.

Tag : mudik lebaran
Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top