Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perdagangan Asean-Brazil Diproyeksi Capai US$19 Miliar

Asean berpeluang untuk menjalin kerjasama yang lebih erat dengan negara Amerika Latin, Brazil dengan potensi nilai perdagangan US$19 miliar pada tahun ini.
Bendera Brasil/Reuters
Bendera Brasil/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA--Asean berpeluang untuk menjalin kerjasama yang lebih erat dengan negara Amerika Latin, Brazil dengan potensi nilai perdagangan US$19 miliar pada tahun ini.

Duta Besar Brazil untuk Asean Ruben Antonio Correa Barbosa menuturkan Asean merupakan kawasan dengan perekonomian dan pasar yang terus meningkat dengan populasi usia muda yang besar dan potensial bagi Brazil.

"Brazil tertarik dengan Asean yang dinamis dan akan mempererat kerjasama dengan kawasan ini," tuturnya dalam keterangan resmi yang dikutip Sabtu (18/6).

Dalam penyerahan surat kredensial kepada Sekretaris Jendral Asean Le Luong Minh itu, Rubem Barbosa menyampaikan harapan agar pertumbuhan volume perdagangan antara Brazil dengan Asean dapat terdongkrak. Pasalnya, tahun lalu pertumbuhan ekspor agak menurun.

Menurutnya, nilai perdagangan Asean-Brazil mencapai US$20 miliar pada 2014 dan turun US$18 miliar pada 2015. Berkaca dari realisasi ekspor-impor sepanjang Januari-Mei 2016, nilainya diproyeksi meningkat tipis ke kisaran US$19 miliar pada 2016.

Le Luong Minh berharap kerjasama tersebut dapat memperkuat hubungan Asean dengan Brazil. Dia juga menekankan pentingnya memperkuat hubungan inter-regional melalui Forum for East Asian and Latin American Cooperation (FEALAC) dan ASEAN-CELAC (Community of Latin America and Caribbean (CELAC).

Selain itu, Sekjen Asean juga kembali mengangkat usulan Brazil untuk berkolaborasi di bidang olahraga, energi baru terbarukan, dan pariwisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ana Noviani
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper