Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Program Motor Gratis di Jalur Selatan Jawa Capai 73%

PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional 5 Purwokerto mencatat sebanyak 7.668 motor, atau 73% dari total kapasitas 10.556 motor yang tersedia, menjadi peserta program angkutan motor gratis (Motis) mudik dan balik Lebaran 2016 lintas selatan.
Mudik gratis untuk sepeda motor./Ilustrasi-Bisnis
Mudik gratis untuk sepeda motor./Ilustrasi-Bisnis

Kabar24.com, SEMARANG—PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional 5 Purwokerto mencatat sebanyak 7.668 motor, atau 73% dari total kapasitas 10.556 motor yang tersedia, menjadi peserta program angkutan motor gratis (Motis) mudik dan balik Lebaran 2016 lintas selatan.
 
Data tersebut berdasarkan pantauan angkutan motis sampai dengan 12 Juni 2016. Jumlah sementara, motor yang akan diangkut dengan KA dalam program motis lintas selatan tersebut terdapat di arus mudik sebanyak 4.022 motor dan arus balik Lebaran sebanyak 3.646 motor.

“Lebaran tahun ini dilintas selatan dioperasikan 2 KA khusus angkutan motis,” papar Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Surono dalam keterangannya, Rabu (15/6).

Masing- masing KA Motis Lintas selatan1 (Jakarta- Purwokerto-Kroya-Gombong- Kebumen- Kutoarjo pp.) dan KA Motis Lintas Seltan2 (Jakarta- Lempuyangan- Klaten-Solo- Madiun- Kertosono- Kediri pp.).

Kedua KA Motis  dengan rangkaian masing- masing 7 gerbong tersebut akan mulai dioperasikan H-10 sampai dengan H-3 lebaran di saat arus mudik dan H+3 sampai dengan H+9 di saat arus balik lebaran.

“Setiap gerbongnya memiliki kapasitas angkut 58 motor, sehingga sekali tarik 1 KA Motis bisa membawa 406 motor”.

Berdasarkan hasil pantuan angkutan motis, KA Motis Lintas Selatan 1 (Jakarta- Kutoarjo PP) terisi 3.124 motor atau sekitar 60% dari kapasitas angkut.

Sedangkan KA Motis Lintas Selatan 2 (Jakarta- Kediri) sudah terisi 4.544 motor atau 86% dari kapasitas angkut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khamdi
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper