Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jatim Raih WTP Kelima Kali

Provinsi Jawa Timur kembali meraih predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP.
Gubernur Jatim Soekarwo/JIBIPhoto-Wahyu Darmawan
Gubernur Jatim Soekarwo/JIBIPhoto-Wahyu Darmawan

Bisnis.com, SURABAYA — Provinsi Jawa Timur kembali meraih predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP.

Hal tersebut tertuang dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas laporan keuangan Pemprov Jatim Tahun Anggaran 2015 dengan Nomor 69/LHP/XVIII.SBY/05/2016.

Gubernur Jatim Soekarwo mengatakan sebelum tahun anggaran 2014, Pemprov Jatim telah memperoleh WTP empat kali berturut-turut sejak 2010. Tapi khusus pada tahun anggaran 2014 Jatim memperoleh opini wajar dengan pengecualian (WDP).

“Namun kembali diraihnya WTP tahun anggaran 2015, ini jadi yang kelima kalinya diraih Pemprov Jatim,” katanya dalam siaran pers, Senin (13/6/2016).

Bagi Soekarwo opini WTP adalah cerminan akuntabilitas yang menjadi modal menghasilkan kinerja yang lebih baik. Menurutnya, dalam pelaksanaan masih terdapat kekurangan yang perlu mendapat perhatian.

Pemprov Jatim mengklaim sekarang pihaknya sudah melaksanakan basis akrual dalam laporan keuangan sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No. 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan.

“Sekarang ini memang lebih berat karena menggunakan sistem laporan akuntansi berbasis akrual. Akrual basis selain yang diterima, utang, piutang dan realitas yang masuk kas juga dicatat. Kalau dulu cash basis, tahun 2015 full accrual basis. Ini memerlukan akuntansi yang sangat teliti,” ujar Soekarwo. 

Menurutnya, yang paling utama dalam melaksanakan akuntansi berbasis akrual adalah menyiapkan SDM agar bisa melaksanakan basis akrual pada laporan keuangan pada masing-masing SKPD di lingkungan Pemprov Jatim. Karena itu. pihaknya telah mendirikan lembaga yang menangani diklat akuntansi di bawah Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Prov. Jatim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper