Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Pancasila: Presiden Jokowi Tetapkan 1 Juni Hari Lahir Pancasila dan Libur Nasional

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi menetapkan tanggal 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila sekaligus menjadikannya sebagai hari libur nasional.
Lambang Negara Burung Garuda/Antara
Lambang Negara Burung Garuda/Antara

Kabar24.com, BANDUNG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi menetapkan tanggal 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila sekaligus menjadikannya sebagai hari libur nasional.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat berpidato pada peringatan pidato Bung Karno 1 Juni 1945 yang merupakan cikal bakal lahirnya Pancasila, Rabu (1/6/2016) di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat.

Usai berpidato, Presiden Jokowi menandatangani keppres tentang penetapan 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila.

Seperti diketahui, hari ini, Rabu 1 Juni 2016 menjadi kali pertama pidato Bung Karno yang menjadi penanda lahirnya Pancasila diperingati secara resmi.

Presiden yang mengenakan kemeja batik lengan panjang tiba di Pangkalan TNI Angkatan Udara Husein Sastranegara Bandung sekitar pukul 09.40 WIB.

Setelah beristirahat sejenak di ruang VVIP Lanud Husein Sastranegara, Presiden Jokowi dan rombongan menuju Gedung Merdeka Bandung untuk menghadiri Peringatan Pidato Bung Karno.

Selain Ibu Negara Iriana Joko Widodo, tampak hadir dalam acara itu sejumlah pejabat negara antara lain Menko PMK Puan Maharani, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung dan Kepala Kantor Staf Kepresidenan Teten Masduki.

Kehadiran Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo di acara Peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 di Gedung Merdeka Bandung pada Rabu, mengawali kunjungan kerja Presiden dan Ibu Iriana ke beberapa provinsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Sumber : Metro TV/Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper