Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Di Ambang Kepunahan, Seekor Badak Sumatra Lahir di Way Kambas

Lahirnya seekor badak Sumatra di Indonesia memberikan harapan baru bagi para para aktivis lingkungan yang berusaha untuk menyelamatkan spesis yang terancam punah tersebut.
Juli Etha Ramaida Manalu
Juli Etha Ramaida Manalu - Bisnis.com 13 Mei 2016  |  21:39 WIB
Badak Sumatra - Antara
Badak Sumatra - Antara

Kabar24.com,  LAMPUNG - Lahirnya seekor badak Sumatra di Indonesia memberi harapan baru bagi para  para aktivis lingkungan yang berusaha menyelamatkan spesis yang terancam punah tersebut.

Seekor badak Sumatra betina bernama Ratu melahirkan badak betina pada Kamis, (12/5/2016) di penangkaran badak di Taman Nasional Way Kambas di Pulau Sumatra.

Badak yang belum diberi nama tersebut berbobot sekitar 20 kilogram dan mampu berjalan dan menyusu dari ibunya yang kelelahan dalam hitungan jam.

Sebelumnya, Ratu yang saat ini berusia 15 tahun dan pasangannya Andalas juga memiliki anak bernama Andatu yang lahir dan mencatatkan sejarah pada 2012, sebagai badak pertama yang lahir di penangkaran di Indonesia setelah lebih dari 10 tahun.

Menurut Kementerian Kehutanan dan Lingukungan Indonesia, jumlah badak Sumatra yang hidup di alam liar tidak sampai 100 ekor. Badak-badak ini menghadapi ancaman kepunahan karena hilangnya habitat dan perburuan cula.

 “Kita harus memiliki komitmen yang kuat, bukan hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia, untuk melindungi dan memastikan kelangsungan spesies ini,” kata Perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup, Novrizal Tahar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

punah Badak Sumatra

Sumber : Reuters

Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top