Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mantap! Aceh Timur Sediakan Lahan Suaka Badak Sumatra

Lokasi suaka badak itu nantinya menjadi objek penelitian badak Sumatra di dunia, sekaligus menjadi destinasi pariwisata satwa liar di alam terbuka.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 23 September 2020  |  18:48 WIB
Badak Sumatra - Antara
Badak Sumatra - Antara

Bisnis.com, BANDA ACEH — Kabupaten Aceh Timur akan memiliki suaka badak Sumatra dalam upaya menyelamatkan populasi hewan tersebut dari ancaman kepunahan.

Bupati Aceh Timur Hasballah mengatakan bahwa seluruh lokasi rencana pembangunan suaka badak tersebut akan berada di wilayah Aceh Timur dengan luas lahan mencapai 7.200 hektare.

"Untuk program ini, kami menyiapkan 7.200 hektare lahan dan 300 hektare di antaranya akan dijadikan lokasi program Suaka Badak Sumatra, termasuk pakan badak dan titik perkawinan nantinya," kata Hasballah, Rabu (23/9/2020).

Dia menyebutkan bahwa lokasi suaka badak itu nantinya menjadi objek penelitian badak Sumatra di dunia, sekaligus menjadi destinasi pariwisata satwa liar di alam terbuka.

"Saya selaku kepala daerah mengajak seluruh pihak terutama Kementerian LHK RI dan lembaga pemerhati lingkungan untuk menyelamatkan berbagai satwa dilindungi, baik badak Sumatra, gajah Sumatra, orangutan Sumatra, dan harimau Sumatra," katanya.

Sebelumnya, Hasballah telah mengunjungi lokasi pembangunan suaka tersebut, yang direncanakan dibangun mulai 2021.

"Ini merupakan prospek yang sangat bagus bagi ekonomi masyarakat yang ada disini. Satwa kita bisa terjaga dengan baik, ekonomi masyarakat juga ikut terbangun. Mudah-mudahan proses pembangunan ini bisa secepatnya tercapai sesuai dengan rencana yang telah disusun," katanya.

Sementara itu, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Agus Aryanto mengatakan bahwa lahan yang seluruhnya berada di wilayah Aceh Timur tersebut memiliki fungsi masing-masing, seperti fungsi konservasi, kawasan lindung, kawasan produksi, areal pengguna lain, yang semua lahan tersebut memiliki pengelolanya sehingga semua pihak kita berkolaborasi bersama dalam rangka mewujudkan rencana pembangunan suaka badak tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Badak Sumatra

Sumber : Antara

Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top