Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bison Jadi Mamalia Nasional AS

Bison Amerika Utara, simbol hidup dari garis depan Barat yang berkeliaran di benua itu dalam jumlah jutaan ekor sebelum terus diburu hingga hampir punah pada akhir 1800an, resmi dinobatkan sebagai mamalia nasional Amerika Serikat pada Senin.
Bison menjadi mamalia nasional Amerika Serikat pada Senin (9/5/2016)./www.yellowstonepark.com
Bison menjadi mamalia nasional Amerika Serikat pada Senin (9/5/2016)./www.yellowstonepark.com

Bisnis.com, SALMON, Idaho -  Bison Amerika Utara, simbol hidup dari garis depan Barat yang berkeliaran di benua itu dalam jumlah jutaan ekor sebelum terus diburu hingga hampir punah pada akhir 1800an, resmi dinobatkan sebagai mamalia nasional Amerika Serikat pada Senin (9/5/2016).

Bison, yang gambarnya menghiasi bagian belakang uang logam lima sen Amerika Serikat selama 25 tahun dan menjadi bagian dari lambang Departemen Dalam Negeri Amerika Serikat, diberikan kedudukan yang sama dengan Elang Botak Amerika dalam sebuah kesepakatan kongres.

Kebijakan itu, yang diresmikan sebagai undang-undang oleh Presiden Barack Obama, menyatakan bahwa peran bison sebagai simbol warisan Amerika secara keseluruhan. Kesepakatan itu menyebutkan sejarah satwa itu yang "berhubungan secara integral dengan kehidupan ekonomi dan rohani dari kebanyakan suku Indian melalui perdagangan dan upacara sakral".

Bison, yang juga dikenal luas dengan sebutan kerbau, terdaftar sebagai mamalia darat hidup terbesar di Amerika Serikat, dengan pejantannya yang berpunuk besar memiliki berat hampir 900 kilogram dengan tinggi 1,8 meter.

Bison itu dulunya tersebar di benua itu dalam jumlah puluhan juta, terutama di wilayah Great Plains (dataran besar). Namun adanya perburuan yang tidak terkendali dan program pemusnahan pemerintah mengurangi jumlah mereka menjadi hanya sekian ratus ekor pada akhir abad ke-19.

Kurang dari 50 ekor bison terakhir dirawat di Taman Nasional Yellowstone, dimana mereka pada awalnya dijaga oleh Kavaleri Amerika Serikat.

Sejak saat itu jumlah mereka kembali, dan saat ini Yellowstone, yang mencakup wilayah Wyoming, Montana dan Idaho, menjadi tempat untuk sekitar 4.900 ekor keturunan baru, mewakili kawanan bison liar yang berkembang biak secara alami.

Meskipun mendapatkan status selebritis baru, keberadaan bison memicu kontroversi, terutama terkait dengan langkah pemerintah untuk mengumpulkan dan membantai ratusan ekor kerbau tiap tahunnya pada saat jumlah mereka di Yellowstone melampaui target populasi sebesar 3.000 ekor.

Kebijakan yang telah berjalan lama itu dirancang untuk mencegah bison Yellowstone yang kabur menularkan penyakit brucellosis kepada hewan ternak di sejumlah peternakan terdekat.

Usaha selama empat tahun untuk menyatakan Bison sebagai mamalia nasional itu dipimpin oleh Masyarakat Konservasi Satwa Liar, sebuah kelompok yang berhubungan dengan Kebun Binatang Bronx di New York, yang pada 1970 memberikan 15 ekor bison hasil penangkaran ke suaka margasatwa Amerika Serikat pertama di Oklahoma.

Sejumlah lahan umum yang dikelola oleh Departemen Dalam Negeri di 12 negara bagian, termasuk di Alaska, memberikan dukungan kepada 17 peternak bison atau sekitar 10.000 ekor kerbau.

Bison yang dirawat secata pribadi diperkirakan berjumlah lebih dari 160.000 ekor, sebagian besar di bagian Barat dan sebagian besar terdiri dari hewan yang membawa gen hewan ternak dan dikembangbiakkan untuk sektor komersial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : ANTARA/REUTERS

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper