Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pajak Tembakau Naik, Penjualan Rokok di China Ambrol

Penjualan rokok di China turun sedikit selama 2015 setelah kenaikan pajak tembakau, kata Badan Kesehatan Dunia (WHO), Selasa (10/5/2016), saat negara tersebut bekerja keras menekan kebiasaan dengan biaya tinggi kesehatan.
Penjualan rokok di China merosot setelah pajak tembakau dinaikkan./daxueconsulting.com
Penjualan rokok di China merosot setelah pajak tembakau dinaikkan./daxueconsulting.com

Bisnis.com, BEIJING -  Penjualan rokok di China turun sedikit selama 2015 setelah kenaikan pajak tembakau, kata Badan Kesehatan Dunia (WHO), Selasa (10/5/2016), saat negara tersebut bekerja keras menekan kebiasaan dengan biaya tinggi kesehatan.

Negara penghasil dan penikmat terbesar rokok di dunia itu meningkatkan pencegahan merokok, meskipun mendapatkan tantangan besar dari industri tembakau.

Media kelolaan pemerintah menyebutkan bahwa di China terdapat 300 juta perokok dan 740 juta orang terpapar asap rokok.

Nilai penjualan rokok di China turun 3,3% selama tahun lalu hingga Maret 2016, kata pernyataan WHO.

Selama masa itu pula, penjualan rokok termurah turun hingga 5,5%, yang menurut WHO menandakan pajak tembakau tersebut juga memicu penurunan jumlah perokok, terutama untuk memotong kembali jalur permintaan rokok.

"Ini kabar baik. Karena hal ini menyangkut masyarakat dalam kelompok sosial ekonomi rendah di China yang terkena dampak sangat parah oleh beban biaya kesehatan dan ekonomi akibat merokok," kata Bernhard Schwartlander, perwakilan WHO di China.

Pada tahun lalu, pemerintah China menaikkan pajak penjualan grosir rokok dari 5 persen menjadi 11 persen sebagai peningkatan yang oleh WHO dianggap perolehan pendapatan sekitar 70 miliar Yuan (lebih dari 110 triliun rupiah) bagi pemerintah pusat pada 2015.

Harga eceran rokok naik rata-rata sekitar 10 persen dengan merek termurah menjadi seperlima lebih mahal, demikian hasil analisis WHO.

Pegiat anti-rokok di China menghadapi tantangan besar dari monopoli industri rokok milik negara yang terdampak hebat karena industri tersebut memberikan kontribusi pendapatan pajak kepada negara yang diperkirakan antara 7 persen hingga 10 persen.

Dua pertiga anak muda di China melakukan kebiasaan merokok, sebagian besar dari mereka berusia 20 tahun, dan setengah dari mereka pada akhirnya tewas karena kebiasaan yang susah untuk dihentikan itu, sebagaimana hasil penelitian tahun lalu.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA/REUTERS
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper