Pemda Harus Pastikan Sekolah Layak Bagi Warga

Pemerintah daerah harus ikut aktif dalam mengawal pengembangan pendidikan masyarakat di wilayahnya dengan memastikan adanya sekolah-sekolah yang layak.
Lili Sunardi | 02 Mei 2016 17:39 WIB
Mendagri Tjahjo Kumolo (kiri) - Bisnis/David Eka Issetiabudi.jpg

Kabar24.com, JAKARTA—Pemerintah daerah harus ikut aktif dalam mengawal pengembangan pendidikan masyarakat di wilayahnya dengan memastikan adanya sekolah-sekolah yang layak.

Tjahjo Kumolo, Menteri Dalam Negeri, mengatakan setidaknya harus ada satu sekolah dasar di setiap kelurahan atau desa, serta satu sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas di setiap kecamatan.

Dengan begitu, akses masyarakat terhadap pendidikan menjadi lebih luas.

“Jangan sampai ada warga atau penduduk di daerah yang tidak sekolah. Apapun alasannya, pendidikan itu mutlak harus dilaksanakan,” katanya di Jakarta, Senin (2/5).

Tjahjo menuturkan Pemerintah daerah juga harus memastikan tidak ada anak usia sekolah yang putus sekolah, karena alasan ekonomi.

Pasalnya, pendidikan telah menjadi tanggung jawab seluruh pihak untuk memenuhinya.

Menurutnya, perbaikan pendidikan juga akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan produktivitas masyarakat.

Akses pendidikan, lanjut Tjahjo juga dapat diberikan dengan perbaikan layanan dari birokrasi kepada daerah. Dengan begitu, masyarakat mendapatkan informasi lebih lengkap untuk merasakan pendidikan.

“Sekarang tinggal bagaimana upaya kita mempercepat reformasi birokrasi, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujarnya.

Tag : pendidikan, pemda, sekolah rusak
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top