Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dinilai Provokatif, Menlu AS Ancam Tembak Jatuh Pesawat Rusia

Militer Amerika Serikat berhak menembak jatuh pesawat Rusia yang terbang dekat dengan salah satu kapal perangnya di Laut Baltik, kata Menteri Luar Negeri AS John Kerry.
Menlu AS John Kerry. /
Menlu AS John Kerry. /

Bisnis.com, JAKARTA - Militer Amerika Serikat berhak menembak jatuh pesawat Rusia yang terbang dekat dengan salah satu kapal perangnya di Laut Baltik, kata Menteri Luar Negeri AS John Kerry.

Menurut beberapa pejabat AS, dua pesawat Rusia melintas beberapa meter dari kapal perang AS pada Senin lalu. Sedangkan Kementrian Pertahanan Rusia mengatakan kedua pesawat Sukhoi Su-24 itu “berbalik arah” setelah mengamati USS Donald Cook.

Menlu AS John Kerry mengkritik aksi itu karena bersifat provokatif sehingga dirinya segera menghubungi Moskow.

“Kami mengecam sikap semacam ini. Itu adalah tindakan sembrono, provokatif, berbahaya. Di bawah aturan yang berlaku, bisa terjadi penembakan jatuh,” kata Kerry dalam wawancara dengan Miami Herald dan CNN Espanol Sebagaimana dikutip BBC.co.uk, Jumat (15/4/2016)

Kendati demikian, Kerry tidak menjelaskan secara spesifik mengapa Angkatan Laut AS tidak melepaskan tembakan ke arah dua pesawat Rusia tersebut. Dia hanya menegaskan bahwa AS tidak bisa diintimidasi” di lautan dalam.

Berdasarkan keterangan sejumlah pejabat AS, dua pesawat Rusia itu terbang mendekati USS Donald Cook belasan kali. Pada suatu ketika, keduanya melintas sejauh sembilan meter dari badan kapal sehingga menciptakan ombak di sekitar kapal.

Di sisi lain, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan USS Donald Cook berlayar dekat dengan pangkalan AL Rusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper