Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Miris, Anggaran Pendidikan di Daerah Masih Ada yang di Bawah 1%

Pengamat pendidikan Indra Charismiadji mengatakan, alokasi anggaran daerah untuk pendidikan masih kecil dan bahkan ada daerah yang hanya mengalokasikannya di bawah 1%.
Sekolah Dasar Negeri Sumurbatu di Bekasi rusak parah/Bisnis.com-M Hilman
Sekolah Dasar Negeri Sumurbatu di Bekasi rusak parah/Bisnis.com-M Hilman

Kabar24.com, JAKARTA - Pengamat pendidikan Indra Charismiadji mengatakan, alokasi anggaran daerah untuk pendidikan masih kecil dan bahkan ada daerah yang hanya mengalokasikannya di bawah 1%.

"Apabila pemerintah daerah menyebutkan alokasi anggaran untuk pendidikan besar, hal itu sebenarnya merupakan anggaran pemerintah pusat (APBN) di antaranya untuk gaji dan kesejahteraan guru," katanya, Selasa (12/4/2016).

Padahal, lanjutnya, UU No. 23/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional sudah jelas menetapkan minimal 20% dari APBD diperuntukkan bagi pendidikan. Namun, sejauh ini daerah yang mencapai alokasi sebesar itu masih jarang dan sebagian besar diperuntukkan bagi kegiatan bukan pendidikan.

Menurut Indra, hal ini disebabkan peruntukan dana pendidikan bagi pemerintah daerah masih terbatas yakni untuk rehabilitasi sekolah dan pengadaan buku saja, sedangkan dana untuk pengadaan peralatan seperti komputer tidak pernah tersedia.

Dia mengatakan dengan peruntukan yang terbatas tersebut membuat penyerapan anggaran pendidikan juga rendah. Hal ini juga menjelaskan mengapa alokasi anggaran pendidikan di daerah tidak pernah tinggi.

Indra mengingatkan masuknya Indonesia dalam pasar tunggal Masyarakat Ekonomi Asean menuntut tersedianya tenaga kerja berkualitas agar mampu bersaing, tentunya hal ini harus didukung pendidikan yang mumpuni.

Kecilnya alokasi anggaran pendidikan di daerah dapat dilihat dari penyelenggaraan ujian nasional, hanya beberapa sekolah saja yang siap untuk mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK), sedangkan lainnya masih menggunakan kertas soal, jelas Indra.

Data menyebutkan dari 50.000 sekolah di Indonesia yang mengikuti UNBK hanya 4.400 dengan berbagai kendala di antaranya jaringan internetnya tidak bagus dan komputer tidak mencukupi.

Indra menjelaskan dengan asumsi harga laptop dengan spesifikasi paling tinggi Rp5 juta per unit, maka untuk kebutuhan satu sekolah minimal 100 unit setidaknya dibutuhkan Rp500 juta, kenyataannya alokasi anggaran tahun 2015 rata-rata di bawah Rp18 juta.

Dia menduga rendahnya alokasi anggaran pendidikan di daerah karena kepala daerah masih banyak yang ragu atau bahkan tidak mampu dalam mengelola dan menyusun program pendidikan. "Masih banyak kebijakan yang hanya meniru dari daerah lain, padahal untuk mengembangkan pendidikan di daerah perlu kreativitas," ujar dia.

Indra menyarankan bagi kepala daerah yang belum sanggup untuk membuat program sendiri karena khawatir atau apapun alasannya sebaiknya merekrut tenaga konsultan pendidikan yang paham untuk membantu membuat program.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper