Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumut Dongkrak Ekspor Produk UKM

Pemerintah Provinsi Sumatra Utara kian aktif menggenjot pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) untuk masuk ke pasar ekspor.

Kabar24.com, MEDAN--Pemerintah Provinsi Sumatra Utara kian aktif menggenjot pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) untuk masuk ke pasar ekspor.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumatra Utara (Sumut) M. Zein mengatakan jumlah pelaku UKM di Sumut mencapai 2,5 juta pelaku usaha. Dia mengatakan ada yang menjadi pengrajin rotan, batik, tenun, makanan dan minuman serta industri kreatif lain.

"Ada 20% dari jumlah pelaku UKM di Sumut yang sudah ekspor. Sekarang, kami juga sedang mendongkrak pelaku usaha semakin berkualitas," ungkapnya, Kamis (7/4/2016).

Zein mengatakan pada tahun ini Pemerintah Provinsi Sumut tidak terlalu menargetkan pertumbuhan pelaku UKM, akan tetapi sedang meningkatkan kualitas SDM, produk dan pemasaran. Adapun cara yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelaku UKM di Sumut dengan melakukan bimbingan teknis (Bimtek) dan memberikan kemudahan dalam perizinan agar gampang meraih permodalan.

Selain itu, Pemprov Sumut telah membangun pusat promosi UKM di Sumut sebagai tempat untuk memasarkan produk-produk unggulan yang ada di Sumut. Adapun nilai pembangunan pusat promosi UKM Sumut mencapai Rp18 miliar.

Zein mengatakan Dinas Koperasi dan UKM Sumut juga telah melakukan studi banding untuk pelaku UKM yang berencana ekspor ke Provinsi Jawa Tengah dan Bali. Dia mengimbau kepada masyarakat Sumut menggunakan dan konsumsi produk lokal daripada impor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper