Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tanoto Foundation Ajak Generasi Muda Berwirausa

Guna mendukung lahirnya entrepreneur-entrepreneur baru, Tanoto Foundation bekerja sama dengan Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia menggelar Tanoto Entrepreneurship Series.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, PEKANBARU— Guna mendukung lahirnya entrepreneur-entrepreneur baru, Tanoto Foundation bekerja sama dengan Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia menggelar Tanoto Entrepreneurship Series.

Acara yang diadakan sejak 2011 ini menghadirkan entreprenur sukses Indonesia untuk membagi kiat kesuksesan dalam entreprenuership kepada mahasiswa program MM FE UI.

“Bapak Sukanto Tanoto dan Ibu Tinah Bingei Tanoto, sebagai pendiri Tanoto Foundation sangat mendukung pengembangan entrpreneurship di Indonesia.,” kata Ibrahim Hasan, Anggota Dewan Penasehat Tanoto Foundation dalam keterangan tertulis, Senin (29/2). 

Tanoto Entrepreneurship Series 2016 yang diadakan di Auditorium Gedung Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Salemba, menghadirkan pembicara Hariyadi Sukamdani, Direktur Utama Kelompok Usaha Sahid dan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), dan Bambang Sutantio, pendiri dan pemilik PT Cisarua Mountaine Dairy, atau lebih dikenal dengan produk Cimory. 

Menurut Hariyadi Sukamdani, seorang entrepreneur harus bisa memaksimalkan sumber daya yang dia miliki.  “Seorang entrepreneur harus memiliki daya kreatif dan visioner, sehingga dia memiliki perencanaan tidak saja jangka pendek, namun bersifat jangka panjang. Entrepreneur juga harus selalu bertindak inovatif dan berani mengambil risiko,” katanya. 

Sementara Bambang Sutantio menekankan karakter seorang entrepreneur. Entrepreneur dan pengusaha itu berbeda. Menurutnya, entrepreneur adalah orang yang memiliki kemampuan melihat peluang dan menjalankan usahanya, lalu berusaha dengan segala kemampuan dan ketekunan untuk mentransformasikan peluang tersebut menjadi usaha yang berkesinambungan.

Tanoto Entrepreneurship Series merupakan bentuk kontribusi dari Tanoto Foundation dalam menginspirasi generasi muda menjadi wirausahawan di Indonesia. Beberapa wirausahawan yang telah berbagi pengalaman dalam berwirausaha dalam Series ini antara lain Joko Widodo, Jusuf Kalla, Presiden  Direktur Blue Bird TaxiNoni Purnomo, CEO Garudafood Sudhamek, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Ibrahim Hasan menambahkan  Sukanto Tanoto memulai bisnisnya di Belawan, Sumatera Utara sebagai seorang leveransir. Secara perlahan, beliau membangun bisnisnya Royal Golden Eagle Group. “Kini, salah satu produk utama dari anak perusahaan RGE Group, yaitu Paper One, sudah dipasarkan di lebih dari 70 negara di dunia,” tambahnya.

Selain itu, Sukanto Tanoto juga memiliki tiga karakter yang membuatnya berhasil membawa RGE Group menjadi perusahaan global. Karakter pertamaadalah kerja keras. Kedua adalah berorientasi jangka panjang, di mana profit bukan hanya satu-satunya tujuan utama, tetapi harus dapat memberikan imbas yang positif kepada masyarakat, negara, dan lingkungan. Hal tersebut seperti yang Sukanto Tanoto selalu tekankan dalam prinsip 4Cs yaitu Good for Community, Good for Country, Good for Climate, and Good for Company. Sedangkan karakter yang ketiga adalah semangat pantang menyerah

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper